April 19, 2021

  • Instagram

Bocor, Bukti Baru ini Tunjukan Bahwa GPU Intel Xe Series Siap Dukung Ray Tracing

Suatu hari di tahun ini (atau tahun mendatang), Kartu Grafis Intel Xe series akan hadir. Dan ternyata, tim biru bisa saja memberikan dukungan Ray Tracing sebagai bagian dari GPU mereka yang cukup mendobrak dan menarik perhatian penggemar maupun konsumen secara global.

Hal tersebut terungkap setelah bukti baru mengenai Ray Tracing pada GPU tersebut muncul dalam kode driver GPU Intel. Driver ini merujuk beberapa fitur penelusuran sinar dari DXR API. Meskipun spekulasi tentang dukungan ray tracing di Intel Xe bukanlah hal baru, perusahaan tidak secara resmi mengkonfirmasi semua rumor tersebut tetapi hanya menunjukkan bahwa ray tracing ada di peta jalan untuk pusat data GPU Xe Series.

Spekulasi semakin kuat, ketika Intel pada dasarnya mungkin saja ingin menggabungkan kemampuan akselerasi Ray tracing dalam GPU Xe mendatang. Meskipun Intel dengan cepat mengklarifikasi bahwa ray tracing tentu masih berada pada peta jalan untuk Xe GPU, khususnya pada segmen datacenter, dimana ini tidak secara eksplisit mengkonfirmasi ada atau tidak adanya fitur ray tracing dalam penawaran klien.

Intel Xe

Melalui apa yang diungkap oleh pengguna Twitter dengan akun @_rogame, ia menunjukan beberapa kebocoran yang ditemukan pada kode driver GPU intel tentang dukungan DXR ray tracing yang merujuk ke isyarat seperti Ray Trace HW Accelerator, DXR_RAYTRACING_INSTANCE_DESC, dan D3D12_RAYTRACING_GEOMETRY_FLAGS.

Sumber untuk kode ini dapat berasal dari Xe Software Development Vehicle (SDV) terbaru yang saat ini sedang dikirim ke ISVs di seluruh dunia. Dengan SDV diatur untuk menjangkau lebih banyak orang dalam beberapa bulan mendatang, kita dapat melihat beberapa informasi lebih lanjut tentang bagaimana semua kelanjutan tersebut, yang mungkin saja juga bisa menjadi awal yang baik bagaimana Ray Tracing akan lebih bermakna tahun ini ataupun sebaliknya. Jadi, kita tunggu saja bagaimana semua rumor tersebut akan berkembang.

About The Author

Related posts

Leave a Reply