April 13, 2021

  • Instagram

Waspadai Cooler AMD Dengan Ekstra Heatpipe, Karena Itu Bukanlah Produk Asli AMD

Waspadai Cooler AMD Dengan Ekstra Heatpipe, Karena Itu Bukanlah Produk Asli AMD

Akhir – akhir ini ada beredar gambar produk cooler Wraith Prism yang telah tersebar di internet dengan logo AMD, cooler ini sendiri hadir dengan tambahan dua heatpipe di sisi nya. Gambar yang tersebar tersebut benar – benar mirip cooler buatan AMD, namun dari pihak AMD telah mengkonfirmasi bahwasannya cooler yang beredar tersebut bukanlah buatan mereka.

Tentu hal ini akan menarik sebab dalam prosesnya heatpipe berguna untuk mengalirkan panas dari prosesor, cooler tersebut biasanya memakai tabung pipa tembaga dengan cairan pendingin di dalamnya. Ketika cairan tersebut memanas dengan sumber panas dari CPU di dasar pendingin, cairan tersebut berubah menjadi gas dan bergerak menuju heatpipe melalui blok aluminium. Kemudian blok aluminium dan fan yang terpasang mulai melakukan tugas pendinginanya setelah itu gas akan mengembun dan kembali lagi ke dasar menjadi cairan untuk mengulangi proses itu kembali.

Air cooler bawaan prosesor AMD sendiri tidaklah begitu istimewa selama ini, meski begitu cooler Wraith yang dikhususkan untuk CPU Ryzen tersebut terbilang sangatlah bagus untuk masalah pendinginan dan cooler Wraith Prism RGB AMD sendiri bisa diservis, meski begitu cooler AMD ini bukanlah yang terbaik apabila membandingkan dengan alternatif pihak ketiga lainnya. Cooler ini ikut dibundle dengan beberapa lini prosesor AMD Ryzen seperti termasuk juga seri Ryzen 9 3900X, Ryzen 7 3800X, Ryzen 7 3700X, dan Ryzen 7 2700X.

AMD dengan senang hati menawarkan solusi thermal wraith cooler premium yang dikhususkan untuk socket AM4 dan Ryzen detail ini dapat kalian temukan di AMD Wraith cooling solution, meski begitu AMD tidaklah memiliki rencana menambahkan heatpipe tambahan untuk AMD Wraith Prism cooler milik mereka.

Cooler AMD yang menggunakan enam heatpipe tersebut benar – benar sangat persis dengan cooler Wraith Prism yang asli, selain itu juga terdapat logo AMD yang membuat orang awam mengira bahwa ini adalah produk buatan AMD. Kalian juga harus waspada sebab produk ini sudah beredar di pasaran, dan perlu kamu ketahui bahwa produk tersebut bukan produk asli AMD serta belum teruji dan di validasi oleh AMD sendiri. Tentunya pihak AMD akan melakukan investigasi untuk mencari sumber produk ini dan akan mengambil tindakan terkait peredarannya tersebut, hal ini AMD lakukan agar nantinya pengguna benar – benar memiliki produk asli milik AMD.

Ini sangatlah penting jika kamu membeli CPU AMD dan dibundel dengan apa yang tampaknya seperti pendingin Wraith Prism RGB, kamu harus berhati – hati, mungkin saja CPU tersebut telah diganti.

About The Author

Related posts

Leave a Reply