July 30, 2021

  • Instagram

Samsung Umumkan HBM2E Memory Generasi ke Tiga Dengan Kapasitas 16Gb

Samsung Umumkan HBM2E Memory Generasi ke Tiga Dengan Kapasitas 16Gb

Raksasa teknologi Samsung hari ini umumkan perilisan Flashbolt ke pasaran, Flashbolt sendiri merupakan High Bandwith Memory 2E (HBM2E). HBM2E 16 Gb terbaru sendiri dapat memaksimalkan HPC (High Performance Computing), sehingga memori baru tersebut dapat membantu produsen manufaktur maupun produsen untuk membangun dan melakukan upgrade untuk perangkat superkomputer milik mereka, tentu saja analitik data yang di proses oleh AI dan GPU akan lebih bertenaga.

“Dengan hadirnya DRAM dengan performa tinggi yang ada saat ini, kami mengambil langkah penting untuk meningkatkan peran kami sebagai inovator terkemuka di pasar memory premium yang sedang berkembang dengan cepat,” Kata Cheoi Choi wakil presiden eksekutif Memory Sales & Marketing di Samsung Elektronik. “Samsung akan terus memberikan komitmen untuk menghadirkan solusi yang benar – benar berbeda ketika kami meperkuat keunggulan kami di pasar memori global.”

Baca juga:   Developer Outriders Sedang Mengerjakan Perbaikan Inventory Wipe Untuk Pemain yang Terkena Efeknya
Memory baru Samsung untuk segmen HPC

Setelah sebelumnya memberikan dua kali kapasitas HBM2 8GB pada generasi sebelumnya yang dinamai dengan nama “Aquabolt”, Flashbolt baru ini juga meningkatkan kinerja dan efisiensi daya secara tajam, hal ini guna meningkatkan sistem generasi berikutnya secara signifikan. Kapasitas 16GB sendiri dicapai dengan menumpuk secara vertikal delapan lapisan DRAM 10nm 16 gigabit yang diletakan diatas chip buffer. Kemudian paket HBM2E ini saling terhubung dengan lebih dari 40.000 pengaturan melalui lubang silikon via TSV(microbumps), dengan masing-masing 16gb cetakan yang mengandung lebih dari 5.600 lubang mikroskopis.

Flashbolt Samsung memberikan kecepatan transfer data yang sangat andal sebesar 3,2 gigabit per detik (Gbps) dengan memanfaatkan desain PCB yang dioptimalkan untuk transmisi sinyal, dengan menawarkan bandwith memori 410GB/second  dalam satu tumpukannya. HBM2E Samsung juga dapat mencapat kecepatan transfer 4.2Gbps, kecepatan data sudah teruji maksimum hingga saat ini, dan memungkinkan hingga 538GB/Secaon datam tiap tumpukannyam, tentunya ini merupakan 1,75 X peningkatan lebih dari Aquabolt 307GB.

Baca juga:   Sony Resmi Ungkap Detail Spesifikasi PS5 : Zen 2 CPU, PCI-Express 4.0 x4 SSD & RDNA2 Sajian Utamanya

Samsung akan memulai produksi selama paruh pertama tahun ini, Samsung sendiri akan terus menyediakan lini Aquabolt generasi kedua, dengan memperluas penawaran Flashbolt generasi ketiga dan akan memperkuat kolaborasi dengan berbagai partner dengan ekosistem yang sama dalam sistem next-gen dan hal ini tentunya akan mempercepat transisi produk HBM di seluruh pasar memori premium.

About The Author

Related posts

Leave a Reply