April 17, 2021

  • Instagram

Rekomendasi 5 SSD NVMe Terbaik

Bagi kamu yang punya PC baik untuk editing maupun gaming kamu pasti membutuhkan storage yang mumpuni baik untuk menyimpan file – file kamu maupun untuk kecepatan loading aplikasi. Storage tersebut tentunya datang dari segmen SSD NVMe, dengan bentuk yang kecil. kamu hanya tinggal menghubungkannya ke salah satu motherboard milik kamu tanpa khawatir harus mengatur kabel.

NVMe SSD sendiri sedang trending di kalangan PC game selain bentuknya yang sudah di sebutkan diatas, performa yang cepat membuat kita worth-it apabila membelinya.

Berikut kami rangkum 5 lini NVMe SSD terbaik

1.    Samsung 970 Evo Plus 1 TB  

Kapasitas: 1TB

Interface: M.2 PCIe x4

Sequential IO: 3500/3300 MB/s read/write

Random IO: 600K/550K IOPS read/write

Sulit sepertinya untuk mengalahkan dominasi Samsung di segmen M.2 NVMe high-performance. Sebab Samsung adalah perusahaan pertama yang merilis drive yang sperti itu dan terus melakukan pressure untuk update secara rutin. Hal itu membuat 970 Evo Plus seri terbaru menjadi salah satu drive M.2 tercepat.

Terdapat model antara lain 500GB dan 2TB yang mungkin tampak layak kamu beli, dan jika kamu menginginkan harga yang lebih rendah dan kapasitas lebih banyak kamu dapat memilih seri 500GB.  

Kelebihan:

-Speed yang cepat

-Daya tahan yang lebih tinggi

Kekurangan:

-Peningkatan yang kurang signifikan dari 970 Evo

-Harga yang mahal dibandingkan NVMe SSD lainnya.

2. Western Digital Black SN750 1TB

Kapasitas: 1TB

Interface: PCIe 8GB/s

Sequential IO: 3470/3000MB/s read/write

Random IO: 515/560K IOPS read/write

Mungkin merk SSD yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan sebab, WD merupakan salah satu produsen Storage baik harddisk maupun SSD yang handal. SSD ini merupakan SSD tercepat yang kami beri rekomendasi nomor 2, pada form factor M.2, selain itu terdapat gaming mode yang sudah disediakan oleh Western Digital dan dapat kamu aktifkan melalui software yang telah disediakan.

Untuk penggunaan sehari – hari, SSD ini punya speed yang sama seperti Evo Plus, namun untuk penggunaan yang intens mungkin kamu harus menengok Samsung, namun sepertinya bagi kamu para gamers bukan kategori user yang menggunakannya secara intens.

Kelebihan:

-Performa yang luar biasa

-Heatsink optional yang dapat kamu pasang untuk penggunaan secara intens

Kekurangan:

-Heatsink dijual terpisah

3.    Adata XPG SX8200 Pro 1TB

Kapasitas: 1TB

Interface: M.2 PCIe x4

Sequential IO: 3500/3000 MB/s read/write

Random IO: 390K/380K IOPS read/write

Adata mungkin menjadi rekomendasi terbaik kami nomor 3 selain dari budget yang murah, performanya pun meningkat dibandingkan dengan seri Adata drive sebelumnya. Mungkin nama Adat sendiri memang kurang familiar di telinga kita, meski begitu drive dari Adata juga kami rekomendasikan bagi kamu yang menginginkan seri SSD terbaik dengan harga yang lumayan terjangkau.

Kelebihan:

-Memiliki performa keseluruhan terbaik

-Sangat murah

Kekurangan:

-Nama brand yang kurang terkenal.

4.   Intel Optane 905P 960GB

Kapasitas: 960GB

Interface: x4 PCIe Gen3

Sequential IO: 2600/2200MB/s read/write

Random IO: 575/550K IOPS read/write

Segmen SSD NVMe dengan performa terbaik mungkin adalah Intel Optan 950P, dengan harga yang tinggi untuk tiap GB nya. Selain itu adanya teknologi 3D XPoint membuat daya tahan yang cukup mengejutkan untuk SSD ini.

Random IO performance juga terbilang sangat baik, dengan hasil QD1 low latency yang terhitung 3 kali lebih cepat daripada optane drive lainnya. Di bagian workloads Optane 905P mungkin bisa mengalahkan drive dari Samsung.

Kelebihan:

-Performa dan daya tahan terbaik

-Hasi test QD1 terbaik

Kekurangan:

-Hasil Sequential IO yang masih biasa

-Harga yang cukup mahal

5. Corsair Force MP600 1 TB PCIe Gen4

Kapasitas: 1000GB

Interface: x4 PCIe Gen4

Sequential IO: 4950/4250MB/s read/write

Random IO: 680K/600K IOPS read/write

Lini Corsair Force MP600 mungkin adalah salah satu dari beberapa SSD generasi ke 4 yang komponenya kurang leboh sama. Dan yang paling penting harganya yang tidak terlalu mahal dari M.2 kelas atas yang lain, seperti 970 Evo Plus. SSD Generasi 4 terbaru ini memiliki kecepatan transfer hingga 5000MB/s read/write. Drive ini juga cukup hangat apabila digunakan secara intens dibawah tekanan, inilah mengapa Corsair memberikan MP600 heatsink yang cukup lebar. Namun hal ini membuat Corsair MP600 menjadi makan tempat saat ditempatkan di slot PCIe

Kelebihan:

-Performa dan daya tahan terbaik

-Kecepatan sequential speed terbaik untuk kelasnya

Kekurangan:

-Membutuhkan Motherboard dan CPU AMD terbaru.

-Heatsink yang terkesan Bulky dan memakan tempat.

About The Author

Related posts

Leave a Reply