April 17, 2021

  • Instagram

Masalah Suhu Radeon RX 5700 Series Dari ASUS Gara-gara Tekanan Heatsink Terlalu Longgar

Kartu grafis AMD Radeon RX 5700 Series versi ASUS, khususnya untuk seri Navi GPU lama banyak dikritik karena sistem pendinginan yang tidak layak. Untungnya, sebelum terlalu jauh, ASUS menyadari bahwa itu semua bukan sepenuhnya salah mereka. Namun, mereka menyalahkan AMD karena rekomendasi tim merah ternyata memiliki kesalahan.

Mengapa bisa begitu? sebagaimana apa yang diungkap ASUS baru-baru ini, apa yang menjadi biang keladinya adalah tekanan heatsink ke GPU ternyata terlalu longgar.

ASUS mengungkapkan semua hal tersebut dalam investigasi mereka, dimana AMD sebelumnya menyarankan tekanan dengan kekuatan antara 30-40 PSI saat produsen memasangkan heatsink ke GPU. Tapi ternyata itu membawa masalah tersendiri yang mengakibatkan GPU mudah panas. Sementara mereka melakukan update dengan tekanan yang lebih besar antara 50-60 PSI yang bisa membuat suhu semakin stabil dan tetap mempertahankan suhu terbaik pada GPU. ASUS sendiri memberikan diagram bagaimana tekanan bisa mempengaruhi suhu pada GPU, termasuk rekomendasi dari AMD sendiri.

Tapi pertanyaannya, apakah mereka benar-benar tidak mengetahuinya secara pasti? atau apakah tidak ada uji coba tersendiri untuk semua hal tersebut sebelum dirilis ke konsumen? Well, pada dasarnya kita tidak menyalahkan siapa yang salah, hanya saja ASUS sendiri kini sudah mengupdate semua Kartu grafis mereka pada tekanan yang pas dan sesuai dengan apa yang mereka yakini.

Jadi, itu setidaknya bisa membawa kabar gembira bagi pelanggan baru, meskipun pelanggan lama juga bisa memperbaikinya secara manual atau membawanya ke tempat service ASUS komponen.

sumber: www.murdockcruz.com

About The Author

Related posts

Leave a Reply