April 17, 2021

  • Instagram

Sony Resmi Ungkap Detail Spesifikasi PS5 : Zen 2 CPU, PCI-Express 4.0 x4 SSD & RDNA2 Sajian Utamanya

Konsol hebat berikutnya dari Sony Playstation 5 (PS5) akhirnya resmi diungkap, ketika Mark Cerny merinci lebih jelas tentang detail spesifikasinya. Sony sendiri mengatakan bahwa fokus desain utama Playstation 5 adalah penyimpanan, sambil mendorong maju platform dengan “menyeimbangkan teknologi revolusioner dan evolusi”.

Hal tersebut diungkap secara resmi kemarin malam, dimana PS5 akan hadir dengan banyak fitur canggih dan istimewa bagi penggemar ataupun konsumen secara luas. Terlebih lagi, kehadiran storage Revolusioner menjadi bagian penting dari apa yang ditawarkan produsen.

Intinya, Setiap PlayStation 5 akan dikirimkan dengan pilihan SSD PCI-Express 4.0 x4 dengan pengontrol flash yang telah dirancang sendiri oleh Sony. Setiap pengontrol ini memiliki 12 saluran flash, dan setidaknya mampu memberikan kecepatan transfer hingga 5,5 GB / s. Sony mengharapkan kehairan SSD ini akan memberikan peningkatan 100x dalam kinerja sub-sistem penyimpanan yang efektif, sehingga praktis tidak ada waktu loading saat ingin memainkan sesuatu melalui PS5.

Spesifikasi PS5

Hebatnya, bukan melalui jalur standar seperti NVMe, namun Sony menggunakan protokolnya sendiri yang mendukung 6 tingkatan prioritas data. PlayStation 5 itu sendiri nantinya akan hadir dengan pilihan basis storage SSD 825 GB, yang dapat diperluas menggunakan HDD eksternal melalui USB, atau pilihan SSD M.2 NVMe pihak ketiga yang disertifikasi oleh Sony.

Kompabilitas untuk Game lama seperti PlayStation 4 dapat langsung dijalankan dari HDD eksternal, tetapi game PlayStation 5 harus ditransfer dari HDD ke SSD utama konsol. Generasi PlayStation yang lalu menerapkan kompresi data ZLib pada media Blu-ray dan HDD. Disisi lain, PlayStation 5 menerapkan Kraken, dengan de-kompresi dipercepat perangkat keras melalui perangkat keras fungsi tetap yang dibangun langsung ke SoC utama.

Spesifikasi PS5

SoC itu sendiri merupakan chip semi-kustom yang dirancang oleh Sony dan AMD, mungkin pada proses fabrikasi silikon kelas 7 nm. Sony tidak akan menentukan apakah itu silikon monolitik atau MCM, tetapi ada tiga blok pembangunnya: CPU, GPU, dan kompleks I / O. CPU didasarkan pada mikroarsitektur AMD “Zen 2” x86-64, dan GPU didasarkan pada arsitektur grafis RDNA2 perusahaan yang akan datang.

Bicara mengenai spesifikasi utama, Sony menyebut ada delapan core CPU “Zen 2”, dengan clockspeed maksimum adalah 3,50 GHz. Tidak ada detail lain yang diungkap, sedangkan untuk GPU, cerita bisa sangat berbeda dari apa yang kita pernah dengar pada Xbox Series X Velocity Engine. Sony sendiri memutuskan untuk menggunakan 36 unit komputasi RDNA2 yang berdetak hingga 2,23 GHz clock engine, dibandingkan dengan 52 unit komputasi yang berjalan hingga 1,825 GHz pada Xbox mendatang. GPU Sony menghasilkan hingga 10,3 TFLOP max throughput, dibandingkan dengan 12 TFLOP Microsoft.

Spesifikasi PS5

Dukungan ray-tracing real-time yang dipercepat pada hardware berasal dari AMD dengan RDNA2 juga menjadi sajian utama lainnya. Rupanya, setiap unit komputasi memiliki komponen perangkat keras yang disebut “Intersection Engine,” dengan fungsi yang kira-kira sama dengan inti RT pada NVIDIA “Turing,”.

Ini menggabungkan model hierarki volume terikat (BVH) yang cukup standar untuk mencapai hibrida elemen ray-trace dalam adegan 3D rasterized konvensional (cukup banyak di mana NVIDIA sekarang dengan RTX). Pada PlayStation 5, perangkat keras ray-tracing RDNA2 dimanfaatkan untuk audio posisional, penerangan global, bayangan, pantulan, dan penelusuran sinar penuh.

Spesifikasi PS5

Kemudian juga komponen lain yang bakal dibawa PS5 adalah kompleks I / O. Ini menangani semua I / O chip, tidak hanya dengan periferal dan output video, tetapi juga penyimpanan dan memori. Terdapat prosesor bersama I / O pada silikon yang dirancang untuk mengurangi berbagai tumpukan pemrosesan I / O pada inti CPU, dan mengurangi latensi pada berbagai tahap. Ada juga sejumlah SRAM yang melakukan cache transfer antara berbagai komponen pada kompleks I / O. Chip kustom memanfaatkan AMD SmartShift dalam manajemen daya.

PlayStation 5 itu sendiri akan menggunakan memori GDDR6 16 GB. Sony tidak menyebutkan memori clock, bandwidth, atau bahkan lebar bus memori. Itu memang memberikan beberapa petunjuk tentang manajemen memori. Sepertinya PlayStation 5 tidak mempartisi memori seperti halnya Xbox Series X, dan mungkin menempel pada model hUMA dari PlayStation 4 (menggunakan kumpulan memori fisik yang umum untuk memori sistem dan video).

Hingga pada akhirnya, Sony belum memutuskan kapan semua hal baru dan segar pada Playstation 5 akan diungkap sepenuhnya, atau setidaknya memutuskan memberitahu kita semua tanggal rilis. Tahun ini bisa menjadi penantian yang baik, khususnya digadang-gadang akan hadir akhir tahun 2020, meskipun itu masih belum memberikan kepastian sebelum dikonfirmasi sendiri oleh produsen. Jadi, kita tunggu saja!!

About The Author

Related posts

Leave a Reply