October 24, 2021

  • Instagram

Dampak Wabah Corona, Penjualan Komponen PC Capai Rekor Terendah Hingga Q1 2020

Industri PC benar-benar terjatuh ketika wabah Corona semakin menjadi, dimana menurut Digitimes, pengiriman Komponen PC, khususnya motherboard dan kartu grafis kemungkinan mencapai rekor terendah pada akhir kuartal. Penjualan laptop juga turun drastis bulan lalu, dan tren ini diperkirakan akan terus berlanjut.

Di negeri Tiongkok sendiri, penjualan motherboard dan kartu grafis turun 30 – 50 persen bulan lalu dan tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan hingga setidaknya bulan Juli mendatang. Ketika wabah dimulai di negara tersebut, pabrik-pabrik banyak yang tutup, dan permintaan lokal untuk komponen hampir berhenti.

Komponen PC

Sumber : South China Morning Post

Meskipun banyak pabrikan sekarang telah dibuka kembali, efek pada rantai pasokan masih terasa. Dan ternyata bukan hanya pasar komponen PC yang menderita; penjualan laptop di antara lima vendor terbesar juga turun 40 persen pada Februari karena rendahnya permintaan dan keterlambatan pengiriman. Hanya dua perusahaan yang berhasil mengirimkan lebih dari satu juta notebook selama bulan tersebut, yaitu Dell dan Lenovo.

Baca juga:   AMD Mengonfirmasi Radeon RX 6700 XT memiliki Navi 22 GPU

Sebelum merebaknya wabah virus corona, beberapa vendor motherboard dan kartu grafis percaya bahwa mereka akan melihat peningkatan permintaan musiman selama Q3 2020, tetapi gangguan yang berlangsung lama dapat berarti bahwa prediksi tidak akan terjadi. Kemungkinan CPU juga akan melihat penurunan penjualan dan permintaan.

Digitimes juga menambahkan bahwa produsen sekelas AMD, Nvidia, dan Intel semuanya diperkirakan akan melewatkan perkiraan target mereka karena penjualan yang lebih lemah di paruh pertama tahun ini. Disamping itu, stok yang melemah karena sempat terhenti menimbulkan kenaikan harga, kita bahkan sudah melihatnya pada beberapa pekan terakhir untuk produk komponen PC. Kita semua pastinya berharap bahwa pandemi segera berakhir atau menunjukan tanda-tanda yang lebih positif beberapa bulan ke depan.

Baca juga:   AMD Ryzen 4000 CPU desktop akan diproduksi massal

Sumber: www.murdockcruz.com

About The Author

Related posts

Leave a Reply