April 19, 2021

  • Instagram

Selain Intel, Huawei Dikabarkan Juga Akan Produksi GPU – Siap Saingi Nvidia & AMD

Dunia GPU di masa depan tampaknya akan semakin seru untuk dilalui, terlebih lagi kini bakal ada pemain baru yang akan bersaing dengan AMD maupun Nvidia, termasuk Intel, ketika Huawei digadang-gadang akan menjadi produsen ke-4 yang siap menjadi pemain tambahan di pasar GPU.

Hal tersebut diungkap oleh outlet berita Korea, The Elec dimana media tersebut telah menerima laporan dari Sumber Industri bahwa Huawei siap memasuki pasar pada tahun 2020, ini akan menempatkan mereka dalam persaingan langsung dengan pemimpin industri NVIDIA bersama dengan AMD dan Intel.

Huawei Korea dilaporkan akan menugaskan proyek tersebut ke divisi Cloud dan AI Business Group yang baru, bahkan mereka dilaporkan tengah memburu staf NVIDIA saat ini dan mantan petinggi lain dari produsen yang lekat dengan urusan grafis.

Jika itu benar adanya, maka semakin banyak varian GPU siap menanti konsumen modern, termasuk nilai harga maupun performa yang lebih kompetitif. Hanya saja, produsen dikabarkan akan memulai langkahnya untuk pasar server, jadi segmen lain belum menjadi fokus utama mereka, termasuk pasar Consumer.

Disamping itu, Huawei sebenarnya bukan pendatang baru, dimana mereka telah meluncurkan Ascend 910 salah satu akselerator AI paling canggih di dunia pada Agustus 2019. Ascend 910 mengungguli Tesla V100 dengan faktor dua, dan dikembangkan pada teknologi 7 nm + yang lebih canggih dibandingkan ke Tesla V100 12 nm.

Lalu pada Januari 2020, Huawei meluncurkan produk server berikutnya, Kunpeng 920, sebuah CPU data besar bersama dengan jajaran server baru yang menampilkan chip. Disinilah, kemampuan perusahaan asal negeri Tiongkok tersebut bisa membawa bendera baru dalam GPU, bahkan bisa berlaku juga untuk urusan prosesor.

sumber : www.murdockcruz.com

About The Author

Related posts

Leave a Reply