April 17, 2021

  • Instagram

Intel Resmi Luncurkan Core Generasi ke-10 Comet Lake S di Dunia

Intel meluncurkan Core Generasi ke-10 untuk desktop yang sebelumnya dikenal dengan codename Comet Lake S.


Intel
 minggu lalu meluncurkan secara resmi lini prosesor Core Generasi ke-10 untuk desktop di dunia. Lini prosesor dengan codename Intel Comet Lake S itu menyusul Intel Comet Lake H yang ditujukan untuk mobile dan telah meluncur lebih dulu. Dengan peluncuran Intel Comet Lake S tersebut, lini prosesor Core Generasi ke-10 pun sudah hadir mulai dari yang untuk perangkat mobile tipis dan ringan sampai yang untuk perangkat desktop mainstreamIntel pun menyebutkan bahwa dibandingkan Core Generasi ke-9 yang digantikannya, Comet Lake S bisa memberikan kinerja yang lebih tinggi. Bahkan, Intel mengklaim flagship dari Comet Lake S, Core i9-10900K, sebagai prosesor gaming tercepat di dunia.

Intel berkomitmen untuk menghadirkan desktop masa depan yang canggih untuk dunia gaming dengan terus mendorong batas kinerja untuk menghadirkan pengalaman gaming dengan PC yang luar biasa. Intel Core Generasi ke-10 seri S untuk desktop – yang mencakup prosesor gaming tercepat di dunia, Intel Core i9-10900K – memperkuat komitmen kami untuk mendukung komunitas gaming,” ujar Brandt Guttridge (Senior Director, Desktop Products Group, Intel).

Seperti Intel Comet Lake H, Intel Comet Lake S masih berbasiskan Intel Skylake dan menggunakan technology node 14 nm, serupa dengan Intel Coffee Lake R yang merupakan generasi sebelummya. Adapun kinerja lebih baik yang bisa ditawarkan Intel Comet Lake S adalah berkat kombinasi frekuensi kerja alias clock yang lebih tinggi serta jumlah core dan/atau thread yang lebih banyak. Selain itu, Intel juga meningkatkan dukungan terhadap memori utama. Intel Comet Lake S mendukung DDR4 dengan frekuensi kerja lebih tinggi dari Intel Coffee Lake R.

Penambahan jumlah core dan thread dilakukan Intel pada varian Core i9 Comet Lake S. Kini Intel Core i9 Generasi ke-10 untuk desktop hadir dengan 10 core dan 20 thread. Sebelumnya, Intel Core i9 untuk desktop memiliki 8 core dan 16 thread. Sementara, penambahan jumlah thread dilakukan Intel pada varian Core i7, Core i5, dan core i3 Comet Lake S. Ketiga lini tersebut kini mendapatkan Hyper-Threading sehingga meski jumlah core-nya sama seperti generasi sebelumnya, jumlah thread-nya menjadi dua kali lipat.

Selain itu, untuk varian Core i9 dan Core i7 Comet Lake S, Intel juga menambahkan Intel Turbo Boost Max Technology 3.0. Intel Turbo Boost Max Technology 3.0 memungkinkan dua core terbaik untuk memiliki nilai turbo yang lebih tinggi dari nilai Intel Turbo Boost 2.0 Technology. Dengan kata lain, Intel Turbo Boost Max Technology 3.0 memungkinkan frekuensi kerja yang lebih tinggi pada dua core terbaik. Intel Core Generasi ke-9 untuk desktop sendiri belum dilengkapi dengan Intel Turbo Boost Max Technology 3.0.

Bahkan, khusus untuk varian Core i9 Comet Lake S, Intel menambahkan lagi Intel Thermal Velocity Boost. Intel Thermal Velocity Boost bisa meningkatkan lagi frekuensi kerja satu core terbaik sebanyak 100 MHz dari nilai Turbo Boost Max Technology 3.0. Baik, Turbo Boost Max Technology 3.0 maupun Intel Thermal Velocity Boost tentunya bergantung pada headroom yang tersedia seperti suhu prosesor.

Berhubung menggunakan soket LGA1200 dan bukannya LGA1151, Intel Comet Lake S membutuhkan mainboard baru. Intel pun meluncurkan chipset alias PCH baru, yakni Seri 400. Salah satunya adalah Intel Z490. Dua fitur yang dikemukakan Intel pada Z490 adalah dukungan terhadap Intel I225 dan Intel Wi-Fi 6 AX201. Intel I225 memberikan dukungan terhadap Ethernet 2,5 gigabit, sedangkan Intel Wi-Fi 6 AX201 seperti namanya memberikan dukungan terhadap Wi-Fi 6. Dengan dukungan terhadap Intel I225 dan Intel Wi-Fi 6 AX201, produsen mainboard dengan Intel Z490 lebih mudah menghadirkan Ethernet 2,5 gigabit dan Wi-Fi 6, tetapi bukan berarti pasti tersedia karena terdapat komponen yang harus ditambahkan.

Selain Core Generasi ke-10 untuk desktop, Intel juga meluncurkan Pentium Gold dan Celeron baru. Spesifikasi ringkas dari Intel Core Generasi ke-10 yang baru diluncurkan bisa dilihat pada tabel berikut.Spesifikasi ringkas dari Intel Core Generasi ke-10 Comet Lake S.Dok. IntelSpesifikasi ringkas dari Intel Core Generasi ke-10 Comet Lake S.

About The Author

Related posts

Leave a Reply