April 17, 2021

  • Instagram

AMD Memberikan Indikasi Adanya Memori Grafis Lebih Dari 4 GB Sebagai Standar pada Kartu Grafis Radeon RX Next-Gen

Dalam posting blog baru-baru ini, AMD mengisyaratkan akhir era kartu grafis entry-level 4 GB saat kita semakin dekat dengan peluncuran kartu grafis Radeon RX RDNA 2 yang pertama. Posting blog yang cerdik berjudul ‘Game Beyond 4GB’ membandingkan kartu grafis AMD Radeon RX berbasis Navi yang merupakan entry-level, 5500 XT, dalam 4 GB dan 8 GB dan menunjukkan bagaimana peningkatan ukuran VRAM tidak hanya memberikan kinerja yang lebih baik tetapi telah menjadi penting dari sudut pandang dukungan dalam AAA generasi berikutnya.

Kemungkinan Kartu Grafis AMD Radeon RX Entry-Level Lebih Dari 4 GB Berdasarkan Arsitektur GPU RDNA 2

Saat ini, jajaran kartu grafis AMD Radeon RX entry-level terdiri dari Radeon RX 5500 XT yang memiliki dua varian, satu dengan memori GDDR6 4 GB dan varian kedua dengan memori GDDR6 8 GB. Selain kartu berbasis Navi, opsi AMD berbasis Polaris yang lebih tua terus menjual dalam volume besar dan memiliki beberapa opsi untuk dipilih dengan mayoritas varian 8 GB yang kami lihat menjadi standar dalam generasi terakhir penawaran Polaris.

AMD dalam pengujiannya sendiri melaporkan peningkatan kinerja hingga 24% pada AAA menggunakan Radeon RX 5500 XT 8 GB versus varian 4 GB. Judul-judul modern seperti Borderlands 3, Call of Duty Modern Warfare, Forza Horizon 4, Ghost Recon Breakpoint, Doom Eternal, dan Wolfenstein 2: The New Colossus diuji, yang semuanya menunjukkan peningkatan nyata pada opsi 4 GB.

AMD selalu menjadi yang terdepan dalam menawarkan peningkatan VRAM dan teknologi memori baru dalam kartu grafisnya. Seri Radeon 300 adalah kartu pertama yang mendorong memori 8 GB sebagai standar ketika NVIDIA menawarkan 4 GB dan hingga 6 GB pada penawaran kelas atas. AMD juga yang pertama terjun ke standar HBM pertama dengan Radeon R9 Fury X 4 GB-nya & mendorong batas sekali lagi dengan 8 GB HBM2 pada Vega 1 Gen dan memori HBM2 hingga 16 GB pada opsi ultra-premium terakhirnya, Radeon VII.

AMD & NVIDIA saat ini menawarkan konfigurasi memori yang serupa dalam kartu kelas atas seperti Radeon RX 5700 XT dan GeForce RTX 2070 SUPER tetapi dengan peluncuran GPU AMD Big Navi RDNA 2 yang semakin dekat, kita dapat melihat kemungkinan peningkatan dari 8 GB sementara kartu entry-level Radeon RX RDNA 2 dapat menawarkan mulai dari 6 GB hingga 8 GB yang akan menetapkan standar tinggi untuk kompetisi juga.

Prioritas pertama AMD dengan GPU RDNA 2 generasi berikutnya akan berada di pasar PC dalam bentuk Big Navi sebelum pindah ke segmen konsol. Sangat mungkin bahwa Navi memulai dengan harga lebih rendah tetapi AMD berencana RDNA 2 untuk menggerakkan seluruh jajaran top-to-bottom sehingga kami pasti akan melihat opsi entry-level dan mainstream dengan VRAM yang lebih tinggi setelah Big Navi memasuki pasar GPU.

About The Author

Related posts

Leave a Reply