July 30, 2021

  • Instagram

Intel Meluncurkan CPU Lakefield Hybrid dengan Foveros 3D Stacking

Prosesor x86 terkecil telah hadir.

Intel hari ini secara resmi meluncurkan prosesor 3D Foveros paket pertamanya, diberi nama kode Lakefield, secara resmi disebut “Prosesor Intel Core dengan Teknologi Intel Hybrid.”

Kedua CPU, Core i5 dan Core i3, memiliki core Sunny Cove 10nm tunggal untuk beban kerja yang lebih berat dan empat core Tremont berdaya rendah untuk tugas latar belakang yang kurang intensif. Sementara laptop ARM, seperti yang menjalankan chip Qualcomm, telah menggunakan versi khusus Windows 10 untuk ARM yang meniru aplikasi 32-bit dan tidak mendukung 64-bit, chip Lakefield akan mendukung keduanya dengan baik.

Intel mengatakan bahwa paket CPU adalah 12 x 12 x 1 mm dan sampai di sana dengan menumpuk dua logic dies dan dua lapisan DRAM. Ini juga menghilangkan kebutuhan akan memori eksternal.

Baca juga:   AMD Next Generation Threadripper 5000 Series “Chagall” Akan Diluncurkan Pada Bulan Agustus

Ada juga peningkatan kinerja, termasuk scheduling OS yang dipandu hardware. Ini memastikan bahwa OS menjalankan aplikasi pada core yang paling tepat. Kembali di CES, ketika Lenovo memamerkan ThinkPad X1 Fold, dikatakan bahwa Windows 10X akan memiliki scheduling yang memungkinkan aplikasi untuk menargetkan core yang tepat dan meningkatkan masa pakai baterai. Intel mengatakan bahwa prosesor Lakefield hanya dioptimalkan untuk Windows 10, dan bukan Windows 10X mendatang.

Di sini, Intel mengklaim kinerja hingga 24% lebih baik daripada Intel Core i7-8500Y per daya SOC (diukur dengan efisiensi daya penelusuran web dalam skor WebXPRT3 per watt) serta kinerja single-threaded 12% lebih cepat dalam aplikasi komputasi bilangan bulat.

Baca juga:   Intel Meteor Lake 5-125W Core CPUs Dengan 192 EU GPU, 12th Gen Alder Lake Diisyaratkan Akan Mendapat Peluncuran 27 Oktober

Selain itu, Intel mengatakan grafis Gen11 akan memungkinkan kinerja hingga 1,7x (sebagaimana diukur dalam 3DMark) selama i7-8500Y dan dapat mengkonversi video hingga 54% lebih cepat. Lebih dari dua kali throughput untuk beban kerja AI.

Prosesor ini juga siap untuk memberikan masa pakai baterai yang lama. Ini adalah prosesor Core pertama Intel yang menggunakan daya serendah SoC 2,5 mW selama standby. Ini juga merupakan chip Intel pertama dengan pipa layar internal ganda, yang menurut Intel membuat bagian-bagian tersebut “cocok untuk PC yang dapat dilipat dan memiliki layar ganda.”

Intel membuat keputusan branding yang menarik: Prosesor Intel Core dengan teknologi Intel Hybrid tidak memiliki generasi. Mereka akan memiliki lencana yang mirip dengan prosesor Gen 10, tetapi tanpa branding. Intel hanya akan mencantumkan model mana yang sedang digunakan.

Baca juga:   Judul Final Fantasy terbaru dikabarkan sedang dikerjakan oleh Team Ninja

About The Author

Related posts

Leave a Reply