October 27, 2020

Cara membeli GPU: Spesifikasi mana yang penting dan mana yang tidak?

  • Jumlah memori kartu grafis: Penting. Dapatkan kartu dengan setidaknya 4GB, atau lebih untuk bermain game pada 1080p. Anda akan membutuhkan lebih banyak memori jika anda bermain dengan semua pengaturan yang muncul atau anda menginstal paket resolusi tinggi. Dan jika anda bermain game dengan resolusi sangat tinggi seperti 4K, memori yang ideal adalah sebesar 8GB atau lebih.
  • Faktor bentuk: Sangat penting. Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki ruang untuk kartu Anda. Lihatlah panjang, tinggi, dan ketebalan. Kartu grafis dapat memiliki bentuk setengah tinggi (langsing), slot tunggal, slot ganda, dan bahkan tiga slot. Sebagian besar kartu yang berfokus pada game memiliki tinggi penuh dan menempati dua slot ekspansi. Sekalipun kartu secara teknis hanya membutuhkan satu atau dua slot dicasing anda, jika kartu memiliki heatsink besar dan selubung kipas, kartu dapat memblokir slot yang berdekatan. Jika Anda memiliki motherboard Mini-ITX mungil, cari kartu ‘mini’, yang panjangnya biasanya 8 inci (205mm) atau kurang. Namun, beberapa kartu yang membawa moniker ini lebih panjang, jadi periksa spesifikasinya.
  • TDP: Penting. Thermal Design Power atau TDP adalah pengukuran disipasi panas, memberi anda perkiraan berapa watt yang Anda perlukan untuk menjalankan kartu anda di pengaturan stok. Jadi jika Anda menjalankan unit power supply 400-watt (PSU) dengan CPU 95-watt yang di-overclock dan anda ingin menambahkan GTX 1080 Ti (yang memiliki TDP 250-watt), anda hampir pasti akan membutuhkan Peningkatan PSU. Secara umum, PSU 600W akan menangani semua kecuali kartu grafis paling kuat, dan 800W sudah cukup untuk setiap GPU tunggal bahkan dengan overclocking.
  • Konektor Daya: Penting. Kebanyakan kartu permainan menarik lebih dari standar maksimum 75W yang disediakan oleh slot PCIe x16. Kartu-kartu ini perlu menghubungkan konektor daya PCIe tambahan yang datang dalam varietas 6- dan 8-pin. Beberapa kartu memiliki salah satu konektor ini, beberapa ada yang memiliki dua. Jika power supply anda tidak memiliki konektor tambahan yang anda butuhkan, mungkin anda ingin memperbarui. Adaptor yang menarik daya dari beberapa konektor SATA atau Molex tidak direkomendasikan sebagai solusi jangka panjang.
  • Port: Penting. Beberapa monitor memiliki HDMI, yang lain menggunakan DisplayPort, dan beberapa unit yang lebih tua hanya memiliki DVI. Pastikan kartu yang akan anda beli memiliki konektor yang anda perlukan untuk monitor anda, jadi anda tidak perlu membeli adaptor.
  • Kecepatan jam: Agak penting. Di antara kartu-kartu dengan GPU yang sama (mis: Nvidia GTX 1060), beberapa di antaranya akan di-overclock ke kecepatan yang sedikit lebih tinggi, yang dapat membuat sedikit perbedaan dalam frame rate. Kecepatan clock bukanlah segalanya, karena jumlah inti dan arsitektur perlu diperhitungkan.
  • CUDA Cores / Stream Processors: Agak penting, seperti kecepatan clock, karena hanya memberi Anda bagian dari apa yang perlu Anda ketahui ketika mencoba menentukan perkiraan tingkat kinerja GPU. Membandingkan jumlah inti dalam arsitektur yang sama lebih bermakna daripada membandingkan arsitektur yang berbeda. Jadi melihat Nvidia Turing vs Pascal CUDA core (atau Streaming Multiprocessors) tidak berguna seperti hanya melihat Turing. Hal yang sama berlaku untuk AMD, di mana membandingkan Navi dan Vega atau Polaris Stream Processors (atau Compute Unit) tidak terlalu membantu. Membandingkan arsitektur AMD dan Nvidia yang murni berdasarkan jumlah inti bahkan kurang bermanfaat.
  • TFLOPS / GFLOPS: Penting. TFLOPS, merupakan indikasi kinerja teoritis maksimum GPU. (Ini juga dapat dinyatakan sebagai GFLOPS, atau miliaran FLOPS.) Hitungan inti dikalikan dengan kecepatan jam, dikalikan dengan dua (untuk FMA, atau instruksi Tambah Penggandaan Fusi), akan memberi Anda TFLOPS untuk GPU. Membandingkan dalam arsitektur yang sama, TFLOPS umumnya memberi tahu Anda seberapa cepat chip dibandingkan dengan yang lain. Membandingkan lintas arsitektur (mis., AMD Navi 10 vs Nvidia Turing TU106, atau AMD Navi 10 vs AMD Vega 10) kurang bermanfaat.
  • Kecepatan / bandwidth memori: Agak penting. Seperti kecepatan clock yang lebih tinggi, memori yang lebih cepat dapat membuat satu kartu lebih cepat dari yang lain. GTX 1650 GDDR6 misalnya adalah sekitar 15% lebih cepat dari GTX 1650 GDDR5, semua berkat peningkatan bandwidth memori.
  • RT / Tensor Cores: Tidak terlalu penting — setidaknya untuk saat ini. Inti RT yang berfokus pada tracing dan Tensor Cores yang berorientasi pada pembelajaran mesin melakukan debut yang berfokus pada konsumen dengan kartu RTX 20-series Nvidia. Kedua teknologi memiliki potensi. Meskipun fitur-fitur ini bagus dalam arti masa depan, mereka seharusnya tidak menjadi alasan utama bagi Anda untuk membeli kartu untuk bermain game hari ini. Itu bisa berubah pada akhir 2020 ketika konsol next-gen diluncurkan dengan dukungan ray tracing.

About The Author

Related posts

Leave a Reply