September 26, 2021

  • Instagram

CPU Intel Ice Lake Punya Bug Yang Menyebabkan Crash Dalam Sistem

CPU Intel agak terkenal karena bug sistem baru-baru ini. Mulai dari Spectre dan Meltdown 2018 yang menggunakan eksekusi spekulatif untuk mengeksploitasi sistem, dilanjutkan dengan serangkaian kerentanan baru terus berlanjut hingga hari ini. Baru-baru ini Intel memiliki eksploitasi CrossTalk yang menjadi ancaman bagi penyedia cloud. Jenis-jenis eksploitasi ini bahkan lebih berbahaya daripada eksploitasi yang memerlukan akses lokal, karena sudah berbasis internet. Banyak isu-isu ini dikatakan terselesaikan oleh desain mikroarsitektur baru Intel seperti Ice Lake, Tiger Lake, dan revisi di masa depan.

Namun, sepertinya Intel menghadapi beberapa masalah bahkan dengan CPU Ice Lake terbaru ketika datang ke bug sistem. JetBrains, penyedia alat pengembangan perangkat lunak Ceko memiliki lingkungan pengembangan bahasa pemrograman Java yang disebut lingkungan pengembangan terintegrasi IntelliJ. Baru-baru ini dilaporkan bahwa pada model MacBook Air 2020 dan Microsoft Surface Pro yang dilengkapi dengan Intel Ice Lake CPU generasi ke-10, IntelliJ IDE menyebabkan sistem restart atau OS lumpuh total. Dalam laporan tersebut, CPU dijalankan dalam VM Linux yang mengisolasi dirinya dari MacOS sehingga kernel macOS XNU tidak bisa disalahkan. Di thread laporan, pengguna lain yang menjalankan Windows di Microsoft Surface Pro juga mengalami crash.

Baca juga:   AMD 3rd Gen EPYC Milan & Intel 3rd Gen Xeon Ice Lake-SP Server CPU Lineup Detail

Berkat pengujian komunitas, telah ditemukan bahwa masalah ini bukan hanya bug perangkat lunak, namun, ini adalah bug khusus CPU yang hanya terjadi pada prosesor Intel Ice Lake. Intel baru-baru ini memperbarui mikrokode CPU dan tidak ada peningkatan. Sepertinya IntelliJ IDE memiliki urutan instruksi tertentu yang memicu Ice Lake CPU untuk crash OS. Hal ini memprihatinkan karena ini dapat digunakan untuk kemungkinan eksploitasi. Sekali lagi, penyedia cloud beresiko di sini karena ketika terjadi crash dalam sistem, akan memicu crash keseluruhan. Tentu saja bagian server Ice Lake belum tiba, tetapi bug dapat disembunyikan di core dari desain CPU. Bahkan dengan pembaruan mikrokode terbaru Ice Lake CPU masih mengalami gangguan dengan perangkat lunak ini, jadi kita harus melihat bagaimana Intel merespons ini.

Baca juga:   Intel Alder Lake P-Core & E-Core: Golden Cove Menawarkan Desain Single-Threaded 50% Lebih Tinggi & Hybrid Menawarkan Performa Multi-Threaded 50% Lebih Tinggi

About The Author

Related posts

Leave a Reply