April 17, 2021

  • Instagram

Intel “Willow Cove” yang di-backport ke 14nm adalah “Cypress Cove”?

Prosesor desktop Intel Core 11 Rocket Lake-S generasi ke-11 sangat menarik karena memperkenalkan inti CPU pertama IPT uptick Intel dalam setengah dekade ini. Hingga saat ini, dikabarkan bahwa “Rocket Lake-S” menampilkan back-port core CPU “Willow Cove” Intel untuk proses fabrikasi silikon 14 nm. Ternyata Intel tidak ingin menyebut core ini “Willow Cove,” yang memulai debutnya dengan prosesor seluler 10nm + “Tiger Lake”. Intel menamakannya “Cypress Cove.” Video presentasi oleh Moore’s Law Is Dead menjelaskan tentang nama kode baru yang misterius ini.

Rupanya, “Cypress Cove” adalah nama kode yang digunakan Intel untuk merujuk ke core CPU yang sedang dibangun Intel dengan IP core CPU terbaru pada proses 14 nm yang lebih lama. Karena prosesnya, IPC core ini mungkin berbeda dari core “Willow Cove” di “Tiger Lake,” dan untuk menghindari kebingungan, Intel mungkin memilih untuk memberinya codename internal yang berbeda. Dengan kata lain, Moore’s Law Is Dead percaya bahwa “Cypress Cove” mungkin tidak menawarkan dugaan keuntungan IPC 25% atas “Skylake” yang bisa Anda harapkan dari core “Willow Cove” di “Tiger Lake”.

Hitungan core maksimum “Rocket Lake-S” berayun antara 8 dan 10, meskipun lebih banyak sumber yang condong ke arah 8 daripada 10. Mengambil keuntungan dari peningkatan anggaran daya platform desktop, core “Cypress Cove” bisa memiliki clock yang jauh lebih tinggi dari core “Willow Cove” pada chip ponsel seperti “Tiger Lake”. Disaat “Rocket Lake-S” diharapkan menampilkan grafis Gen12 Xe, ia bisa memiliki jumlah unit eksekusi (UE) yang lebih rendah daripada “Tiger Lake”, yang memiliki 96 UE. Sumber Moore’s Law Is Dead memperkuat teori “Rocket Lake-S” menjadi modul multi-chip CPU core yang berada di 14nm, dan iGPU bersama dengan komponen uncore lainnya pada 10nm.

Moore’s Law Is Dead mengatakan bahwa “Rocket Lake-S” sedang menuju peluncuran antara di akhir 2020 atau awal 2021.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=5K2TPnxknKo

About The Author

Related posts

Leave a Reply