July 24, 2021

  • Instagram

Nvidia Dikabarkan Memulai Produksi GeForce RTX 3090 dan RTX 3080 pada bulan Agustus

Berdasarkan informasi baru, outlet berita Jerman yaitu Igor’s Lab telah memperkirakan jadwal produksi untuk kartu grafis Nvidia 7-seri GeForce RTX 30-seri Nvidia mendatang.

Menurut sumber, pendingin Founders Edition yang telah menyebar di Internet adalah salah satu dari dua opsi yang mungkin sedang dievaluasi oleh Nvidia. Pembuat chip tersebut diduga sedang menguji desain lain dari OEM yang bersaing, yang menurut Igor’s Lab telah bekerja dengan Nvidia pada kesempatan sebelumnya.

Ampere saat ini sedang dalam fase DVT (Design Validation Test), di mana para engineers Nvidia sedang menguji berbagai desain untuk mengevaluasi kriteria yang berbeda, seperti kinerja, biaya bahan, dan daya tahan jangka panjang. Pendingin Founders Edition dikabarkan harganya sekitar $150. Pendingin ini dilaporkan memiliki ruang uap khusus untuk membantu pendinginan.

Baca juga:   AMD EPYC 7543 ‘Milan’ Server CPU With 32 Zen 3 Cores & 3.7 GHz Clocks di Benchmark

Mengetahui bahwa Ampere masih dalam tahap DVT, Igor menyusun jadwal yang masuk akal untuk kartu grafis generasi berikutnya. Penting untuk digarisbawahi bahwa Igor mendasarkan estimasi pada peluncuran produk sebelumnya dari Nvidia dan AMD. Dengan asumsi Nvidia tidak menyimpang dari salah satu langkah, jadwal harus memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

ProcessDescriptionTime Window
BOM releaseBill Of Materials ReleaseMay / June
EVTEngineering Validation TestJune
DVTDesign Validation TestJune / July
WSWorking SampleJuly
EMI TestElectromagnetic Interference TestMid or End of July
PVTProduction Validation TestEnd of July to beginning of August
PVT sortingProduction Validation Test SortingBeginning of August
PPBIOSMeals the final source BIOSBeginning of august
Ramp & MPStart of mass production (FE)August
LaunchMedia Event and first BenchmarksSeptember
Sumber : Igor’s Lab

Menurut perkiraan Igor, jika tidak ada keterlambatan maka Nvidia akan memiliki sampel kartu grafis Ampere yang berfungsi bulan depan. Maka dari itu pembuat chip kemungkinan akan memulai produksi massal model Founders Edition pada bulan Agustus. Oleh karena itu, peluncuran pada bulan September sepertinya sangat mungkin.

Baca juga:   Intel menghadirkan Comet Lake CPUs bersamaan dengan Core i9-10850K

Tidak pasti kartu grafis Ampere mana yang akan diungkapkan Nvidia terlebih dahulu. GeForce RTX 3090 dan GeForce RTX 3080 adalah kandidat yang valid, tetapi Igor berpikir bahwa SKU tingkat rendah juga bisa muncul. Sebagai informasi tambahan, ada pabrik Hong Kong (yang tidak diketahui namanya) menghasilkan sampel pertama GeForce RTX 2060 yang kemudian jatuh ke tangan penguji dan rak perangkat keras. Foxconn nantinya akan mengambil alih produksi massal kartu grafis. Sejarah sungguh dapat terulang pada generasi baru, jadi jangan heran jika Anda melihat GeForce RTX 3070 atau GeForce RTX 3060 tampil sebagai tamu pada hari peluncuran.

About The Author

Related posts

Leave a Reply