October 21, 2021

  • Instagram

Seri AMD Ryzen XT —berhemat pada pendingin dan clock speed

Dengan CPU seri Ryzen XT-nya yang baru, AMD mungkin telah mencuri halaman dari buku pedoman Intel dengan menawarkan moderate clock speed tanpa cooler. Hanya seri Ryzen 5 3600XT yang paling rendah yang akan digabung dengan Wraith cooler.

Ketiga CPU secara resmi adalah:

  • Ryzen 9 3900XT dengan 12 core, clock boost 4.7GHz, dan TDP 105 watt
  • Ryzen 7 3800XT dengan 8 core, clock boost 3,9GHz, dan 105W TDP
  • Ryzen 5 3600XT dengan 6 core, clock boost 4.5GHz, dan TDP 95W

Mereka menawarkan sedikit perubahan dibandingkan dengan peluncuran seri Ryzen 3000 asli. Satu-satunya perbedaan spesifikasi adalah clock 100MHz lebih tinggi untuk Ryzen 9 3900XT dibandingkan Ryzen 3900X asli, peningkatan 200MHz untuk Ryzen 7 3800XT atas Ryzen 7 3800X, dan tonjolan 100MHz untuk Ryzen 5 3600XT atas Ryzen 5 3600X.

Datang hampir setahun setelah peluncuran asli Ryzen, peningkatan jam yang hanya sebesar 4 persen dari seri XT merupakan kekecewaan besar bagi banyak penggemar perangkat keras. Intel menerima banyak kritik karena lambatnya single-digit clock bumps selama beberapa generasi pada CPU baru.

Baca juga:   Sapphire meluncurkan Nitro+ RX 6900 XT Special Edition dengan boost clock 2365MHz

Katakan selamat tinggal pada pendingin (cooler) gratis

Selama bertahun-tahun, Intel belum memasukkan pendingin dengan K-series CPU overclockable-nya. Alasan Intel adalah bahwa sebagian besar penggemar ingin memilih pendingin after-market mereka sendiri. AMD membalik posisi itu ketika memutuskan untuk menawarkan pendingin yang cukup baik dengan sebagian besar X-series CPU. Dengan XT, AMD mengubah posisinya. Perusahaan akan menggabungkan pendingin Wraith dengan Ryzen 5 3600XT, tetapi Ryzen 9 3900XT dan Ryzen 7 3800XT tidak akan lagi melakukannya.

Penjelasan AMD mirip dengan Intel. “Prosesor AMD Ryzen 9 3900XT, AMD Ryzen 7 3800XT dan Ryzen 5 3600XT menampilkan spesifikasi yang dirancang khusus untuk para penggemar yang secara teratur memilih pendingin aftermarket untuk kinerja setinggi mungkin”, kata pejabat AMD dalam siaran pers. “Sebagai hasilnya, AMD merekomendasikan penggunaan solusi AIO dengan radiator 280mm minimum atau pendingin udara yang setara untuk mendapat pengalaman menggunakan produk ini sebaik-baiknya.” Ada kemungkinan AMD akan mendapatkan pukulan balik yang sama dengan yang dimiliki Intel untuk langkah ini.

Baca juga:   NVIDIA GeForce RTX 30 Ampere Enthusiast Gaming Graphics Cards akan Menampilkan Desain PCB yang lebih Kuat

BOx Ryzen 7 XT tidak akan terlihat seperti ini lagi tanpa bundle cooler

Mengapa AMD mengeluarkan pendinginnya?

Sementara kata resminya adalah “Anda harus membeli aftermarket”, alasan paling jelas AMD berubah pikiran adalah bahwa pendingin tidak benar-benar gratis — mereka dibundel dengan CPU. Dengan kehilangan pendingin, perusahaan dapat meningkatkan pendapatan. Penghematan tidak diteruskan ke pelanggan, sayangnya, karena harga peluncuran untuk suku cadang Ryzen 3000XT pada dasarnya sama dengan harga untuk chip Ryzen 3000X yang termasuk pendingin.

Satu hal yang belum kami ketahui tentang bagian XT baru adalah seberapa baik mereka overlock. Sangat mungkin mereka menawarkan overclocking yang lebih baik daripada pendahulunya — tetapi hanya dengan pendinginan aftermarket.

Chipset A520 baru

Selain CPU baru, AMD juga mengonfirmasi bahwa ia memiliki anggaran chipset A520 juga. Perusahaan menggambarkan chipset sebagai produk yang menawarkan “platform yang ramping dan tepercaya untuk memuaskan pengguna PC sehari-hari”.

Baca juga:   AMD Akan memperkenalkan Next-Gen Ryzen 4000 'Vermeer Zen 3' CPU pada 8 Oktober, Radeon RX 6000 'RDNA 2' GPU pada 28 Oktober

AMD juga mengkonfirmasi bahwa benar chipsetnya diperuntukkan pada CPU dimasa depan. “Motherboard AMD 500 Series ini termasuk A520 baru memberikan kinerja untuk prosesor AMD Ryzen Generasi ke-3 dan seterusnya,” kata perusahaan. AMD baru-baru ini membuat marah para pengguna dengan memotong dukungan untuk CPU generasi berikutnya pada beberapa chipset, meninggalkan banyak pelanggannya tanpa jalur peningkatan. AMD mengatakan board berdasarkan A520 baru akan tersedia pada bulan Agustus dari vendor seperti ASRock, Asus, Biostar, Colourful, Gigabyte, dan MSI.

StoreMI yang Diperbarui

Satu berita terakhir dari AMD terkait dengan teknologi StoreMI-nya, yang meningkatkan kinerja penyimpanan melalui tiering data dari SSD ke hard drive. AMD mengatakan StoreMI telah dirancang ulang untuk tahun 2020 dengan interface dan fitur pengguna baru, serta peningkatan kinerja dari algoritma yang lebih baru. Perusahaan tidak memberi rincian kapan StoreMI 2.0 akan dirilis, atau apa kompatibilitasnya dengan motherboard sebelumnya. Kita tunggu saja ya!

About The Author

Related posts

Leave a Reply