October 18, 2021

  • Instagram

Nvidia– GPU PCIe Gen 4 Pertama, Bukan Untuk Gamer

Nvidia telah mengumumkan GPU generasi terbaru Ampere A100 bulan lalu, tetapi itu adalah versi SXM4 dari kartu grafis yang ditujukan untuk aplikasi ilmiah dan pusat data. Sekarang, Nvidia mengumumkan varian PCI-Express 4.0 dari GPU pusat data, yang hadir dengan GPU dan memori yang sama.

Tentu saja, perbedaan yang paling menonjol adalah konektivitasnya. Slot PCIe 4 pada kartu grafis ini membuatnya jauh lebih fleksibel daripada varian SXM, karena dapat dimasukkan ke dalam banyak jenis PC. Ini memungkinkan peningkatan mudah dari infrastruktur server yang ada, atau instalasi ke workstation untuk penggunaan ilmiah. Ini juga memungkinkan banyak integrator sistem untuk dengan mudah membangun A100 ke dalam sistem mereka.

Baca juga:   AMD Ryzen 5000G PRO Cezanne 'Zen 3' Desktop APU Terlihat

“Adopsi GPU NVIDIA A100 ke dalam penawaran pabrik server terkemuka melampaui apa pun yang telah kita lihat sebelumnya,” kata Ian Buck, VP dan GM Accelerated Computing di NVIDIA. “Luasnya server NVIDIA A100 yang berasal dari mitra kami memastikan bahwa pelanggan dapat memilih opsi terbaik untuk mempercepat pusat data mereka untuk pemanfaatan tinggi dan total biaya kepemilikan yang rendah”.

Namun, fleksibilitas ini memiliki kekurangan. Varian PCIe 4 dari Ampere A100 GPU memiliki TDP 250W yang jauh lebih rendah dibandingkan 400X TDP SXM. Nvidia mengatakan ini menyebabkan penalti kinerja 10% dalam beban kerja GPU tunggal. Namun, penskalaan multi-GPU hanya pada dua GPU melalui NVLink, di mana NVSwitch mendukung hingga delapan GPU. Untuk beban kerja terdistribusi, Nvidia mengatakan penalti kinerja (melihat delapan GPU) hingga 33%.

Baca juga:   AMD Ryzen 7 5800H 8 Core & 16 Thread Cezanne ‘Zen 3’ High-Performance CPU Telah Terlihat

Tampaknya banyak TDP daya tambahan pada varian SXM ke komunikasi antar-GPU, berdasarkan perbedaan kinerja 10% untuk satu GPU. 400W merupakan batas daya maksimum, sehingga GPU mungkin tidak benar-benar menggunakan sebanyak itu untuk beberapa beban kerja. Perlu diperhatikan bahwa pengiriman daya juga jauh lebih mudah dengan SXM, karena daya datang melalui konektor mezzanine. Model PCIe sebaliknya hanya mendapatkan daya hingga 75W dari slot x16, dengan daya tambahan datang melalui konektor PEG 8-pin atau 6-pin.

Selain kekuatan dan TDP, kartu grafisnya hampir identik. Ampere GPU yang sama digunakan dengan core CUDA 6912 membuat GPU pada ukuran 826mm persegi yang mengesankan meskipun diproduksi pada proses 7nm. GPU juga masih diapit dengan enam tumpukan HBM2 yang menawarkan memori ultra fast 40 GB.

Baca juga:   Hard Disk Terbesar di Dunia Meluncur Desember

Berapa Lama Gamer Harus Menunggu?

Untuk para gamer, kita harus menunggu sedikit lebih lama untuk mendapatkan akses ke PCI-Express 4.0 Nvidia. Kami berharap kartu grafis Ampere menampilkan fitur konektivitas baru, tetapi jangan berharap untuk melihat kartu Ampere GeForce RTX 3000 hingga sekitar bulan September keatas.

About The Author

Related posts

Leave a Reply