October 18, 2021

  • Instagram

Intel Document Mengkonfirmasi Soket LGA1700 Baru Untuk Prosesor Alder Lake

Intel Document terbaru (via @momomo_us) tampaknya mengkonfirmasi bahwa prosesor Generasi Alder Lake ke-12 kemungkinan akan diluncurkan dengan soket LGA1700. Alder Lake-S mengacu pada prosesor desktop, sedangkan Alder Lake-P adalah misteri untuk saat ini.

Nama Intel untuk soketnya tetap tidak berubah selama bertahun-tahun. Sesuai namanya, soket LGA1700 kemungkinan akan datang dengan 500 pin lebih, yang mewakili peningkatan pin 41,7% dari soket LGA1200 yang ada. Akan menarik untuk melihat bagaimana Intel mendistribusikan pin tambahan, dan apakah soket LGA1700 terbukti lebih lebar atau lebih panjang dari soket LGA1200.

Biasanya, pin berlebih ada untuk memberikan lebih banyak daya ke prosesor, mendukung fitur baru atau memperluas kemampuan I/O. Dalam kasus Alder Lake, bisa jadi semua yang disebutkan diatas akan terjadi. Prosesor Lakefield baru-baru ini dari Intel menghadirkan desain hybrid yang menggabungkan core yang kuat dengan core yang hemat energi, mirip dengan mikroarsitektur besar Arm.LITTLE. Rumor saat ini adalah bahwa Alder Lake dapat membawa konsep ini ke desktop, dan itu tampaknya dikonfirmasi oleh pembaruan HWinfo baru-baru ini yang mendaftarkan Alder Lake sebagai “CPU hybrid”.

Baca juga:   GPU Desktop Baru Milik Intel Tak Akan Berfungsi di AMD

Lakefield memadukan satu core besar dengan empat core lebih kecil ke dalam paket lima core. Alder Lake di sisi lain, dapat memecahkan rekor dengan desain 16-core yang menggabungkan delapan core besar dengan delapan core kecil. Lakefield menggunakan Sunny Cove dan Tremont masing-masing untuk core berkinerja tinggi dan bertenaga rendah.

Alder Lake mungkin menggunakan kombinasi Golden Cove dan core Gracemont, sebagai penerus Willow Cove dan Tremont. Namun, tidak ada bukti yang mendukung hipotesis ini sekarang. Thermal limit yang dikabarkan untuk Alder Lake adalah 125W dan jika demikian, dia akan berada di lahan yang sama dengan Comet Lake.

Ada lebih banyak rumor untuk Alder Lake dan untuk saat ini, kita belum bisa memastikannya. Dalam hal dukungan, Alder Lake diduga merangkul interface PCIe 4.0 dan memori DDR5. Menjadi bagian 10nm, Alder Lake kemungkinan memanfaatkan grafis Xe Intel, tetapi tidak jelas generasi iGPU mana yang akan ditampilkan di dalam chip.

Baca juga:   ASUS Memperkenalkan Motherboard Gaming ROG Strix B460-H

About The Author

Related posts

Leave a Reply