July 13, 2020

Apa itu Intel Thermal Velocity Boost? CPU Dengan TVB Dijelaskan

Intel Thermal Velocity Boost adalah fitur yang tersedia di CPU tertentu dari Intel. CPU pada umumnya memiliki standard clock speed dan turbo boost speed. Namun, CPU dengan Intel Thermal Velocity Boost memiliki dua kecepatan tambahan. Juga dikenal sebagai Intel TVB, fitur ini tersedia pada chip desktop Intel Core i9 Generasi ke-10, CPU mobile Generasi ke-10 i9, i7 dan i5 dan jajaran Intel Xeon W-1200.

Intel Thermal Velocity Boost memungkinkan CPU untuk mencapai kecepatan dorongan lebih tinggi daripada dorongan turbo all-core. CPU dengan Thermal Velocity Boost menambahkan Single-Core Thermal Velocity Boost dan All-Core Thermal Velocity Boost.

Intel Thermal Velocity Boost vs Turbo Boost

Selain dua kecepatan Thermal Velocity Boost dan all-core boost-nya, CPU Intel dapat menggunakan Teknologi Intel Turbo Boost Max. CPU dengan Turbo Boost Max memiliki 1 atau 2 core CPU, yang diidentifikasi sebagai yang tercepat dari kelompoknya melalui binning. Beban kerja dari aplikasi ringan atau single-threaded didorong ke core yang cocok untuk kinerja yang lebih baik. Frekuensi tambahan ini disebut Turbo Boost 2.0 (dorongan core tunggal) dan Turbo Boost 3.0 (dorongan core ganda).

Ini berarti bahwa selain clock stock speed dan all-core boost, CPU Intel dapat memiliki empat kecepatan tambahan. Turbo Boost 2.0 adalah pendorong single-core yang tersedia jika CPU beroperasi dengan spesifikasi daya, arus, dan suhu. Kecepatan Turbo Boost Max 3.0 berlaku untuk dua core yang favorable. Ini hanya dapat dicapai jika CPU beroperasi di bawah daya, spesifikasi dan suhu.

Single-Core Thermal Velocity Boost memilih salah satu yang tercepat diantara dari dua core CPU sehingga kecepatan yang didapat akan lebih tinggi daripada yang dicapai dengan Turbo Boost Max 3.0. Untuk CPU desktop Gen ke-10, ini hanya dapat dilakukan jika CPU berjalan di bawah 70 derajat Celcius (158 derajat Fahrenheit) dan jika CPU bekerja di bawah daya, spesifikasi arus dan suhu. Untuk CPU seluler Gen ke-10, ambang suhu adalah 65 derajat Celcius (149 derajat Fahrenheit).

All-Core Thermal Velocity Boost mengacu pada kecepatan yang dapat dicapai jika setiap core aktif dan CPU beroperasi di bawah ambang suhu masing-masing (70 derajat Celcius untuk chip desktop, 65 derajat Celcius untuk yang mobile).

Untuk melihat bagaimana rentang frekuensi ini, lihat spesifikasi untuk Intel Core i9-10900K dan Intel Core i9-10900 di bawah ini.

TypeTurbo Boost 3.0 Max (2 cores)All-Core Thermal Velocity BoostBase Clock SpeedTurbo Boost (all cores)Turbo Boost 2.0 (one core)Turbo Boost 3.0 Max (2 cores)
Intel Core i9-109005.2 GHz4.6 GHz2.8 GHz4.6 GHz5.0 GHz5.1 GHz
Intel Core i9-10900K5.3 GHz4.9 GHz3.7 GHz4.8 GHz5.1 GHz5.2 GHz

About The Author

Related posts

Leave a Reply