July 13, 2020

Lupakan Big Navi! AMD Sedang Mempersiapkan The Ultimate Navi

Menurut Hardware Leaks, kode macOS 11 Big Sur Developer Beta 1 Apple mengungkapkan sejumlah besar kartu grafis Radeon di masa depan dan akselerator Radeon Instinct dari AMD.

Dapat dilihat dari berbagai baris kode ada penyertaan kartu grafis Navi 31. Berdasarkan namanya, mudah untuk menyimpulkan bahwa cetakan kemungkinan akan memanfaatkan arsitektur mikro GPU RDNA 3. Sesuai roadmap terakhir AMD, kerangka waktu tentatif untuk peluncuran RDNA 3 adalah di akhir tahun 2022. AMD merujuk pada “advanced node” yang sebenarnya tidak benar-benar memberi petunjuk apapun. Jika kita ingin optimis, bisa jadi process node 5nm yang terkenal dari TSMC.

Big Sur dilaporkan mendukung enam kartu grafis Big Navi (RDNA 2) yang berbeda. Lebih khusus lagi, kode menunjuk ke Navi 22 dan Navi 23 dies. AMD telah menekankan adanya kinerja 50% lebih tinggi per watt pada RDNA 2 dibandingkan dengan RDNA 1. AMD telah memberikan kelebihan patch Linux untuk kartu grafis “Sienna Cichlid” yang banyak dirumorkan sebagai Big Navi.

Di sisi perusahaan, Apple tampaknya menambahkan dukungan untuk akselerator MI100 dan MI220 Radeon Instinct. Radeon Instinct MI100 dikabarkan sebagai persembahan Arcturus yang terkenal yang merupakan upgrade dari mikroarsitektur Vega saat ini. Arcturus seharusnya menampilkan proses pembuatan FinFET 7nm TSMC seperti akselerator Radeon Instinct lainnya. Kabarnya MI100 bukanlah apa apa jika dibandingkan dengan MI200. Sayangnya, kami belum melihat tanda-tanda awal MI200.

Kejutan lainnya dalam kode Big Sur termasuk menyebutkan dua APU AMD yang akan datang. Cezanne adalah nama kode yang dikabarkan untuk Ryzen seri 5000 APU. Chip Zen 3 juga mungkin tiba tahun depan untuk menggantikan APU Ryzen 4000-series (codename Renoir) yang ada. Tidak pasti apakah AMD akan mempertahankan penggunaan mikroarsitektur Vega untuk Cezanne atau akhirnya beralih ke Navi yang semua orang rindukan.

Kemudian Van Gogh mungkin tiba dalam paket berdaya rendah untuk bersaing dengan penawaran Intel Y-series. Gosip saat ini di sekitar Van Gogh adalah bahwa ia terus menggunakan mikroarsitektur Zen 2. Walaupun sampai sekarang mesin grafis APU masih belum diketahui.

About The Author

Related posts

Leave a Reply