October 24, 2021

  • Instagram

Microsoft: Fitur Penjadwalan GPU Hardware-Accelerated

Microsoft memposting ringkasan teknis tentang fitur Penjadwalan GPU Perangkat Keras yang diperkenalkan dengan Pembaruan Windows 10 Mei 2020, dan versi Windows Display Driver Model (WDDM) terbaru. Dalam posting blog oleh Steve Pronovost, pemimpin teknologi dengan Microsoft DirectX, Microsoft akhirnya mulai menjelaskan apa itu Penjadwalan GPU WDDM. Diperkenalkan dengan Windows Vista, penjadwalan GPU yaitu komponen perangkat lunak yang mengalokasikan beban kerja dari berbagai sumber ke dalam GPU, sebelum semua aplikasi yang membutuhkan akselerasi GPU akan mengirimkan traffic sebanyak mungkin ke driver GPU. Dengan meningkatnya kompleksitas dalam render pipe 3D modern, kebutuhan akan penjadwalan sangat diperlukan.

Microsoft kemudian merinci apa itu Penjadwalan GPU Perangkat Keras. Rupanya, beberapa generasi GPU yang lebih baru (oleh NVIDIA, AMD, dan Intel), memiliki komponen perangkat keras yang dibangun untuk melakukan penjadwalan. Ketika komponen ini dikombinasikan dengan Pembaruan Windows 10 Mei 2020 dan driver grafis yang sesuai dengan WDDM 2.7, Windows melepas beban penjadwalan GPU ke dalamnya, membebaskan beberapa sumber daya CPU dan berpotensi mengurangi latency pada berbagai tahap dari graphics rendering pipeline.

Baca juga:   Intel 12th Gen Alder Lake-S Desktop CPUs & Motherboard Z690 Diluncurkan pada 19 November

“Windows terus mengontrol penentuan prioritas dan memutuskan aplikasi mana yang memiliki prioritas diantara yang lain. Kami melepas tugas ke prosesor penjadwalan GPU, menangani manajemen kuanta dan pengalihan konteks berbagai mesin GPU” tulis Pronovost. “Penjadwal GPU baru adalah perubahan yang signifikan dan mendasar pada model driver. Mengubah penjadwal mirip dengan membangun kembali fondasi rumah sementara masih tinggal di dalamnya. Untuk memastikan transisi yang lancar, kami memperkenalkan penjadwal baru sebagai pengadopsi pertama fitur opt-in. Selama masa transisi kami akan mengumpulkan data kinerja dan keandalan skala besar serta feedback pelanggan. “

Microsoft berencana pada versi Windows dan DirectX di masa depan untuk berkembang lebih ke arah pengurangan latency dengan offloading CPU. “Tujuan fase pertama dari penjadwalan GPU perangkat keras adalah memodernisasi pilar mendasar dari subsistem grafis dan untuk mengatur panggung untuk hal-hal yang akan datang … tapi itu akan menjadi cerita untuk lain waktu ” katanya.

Baca juga:   GMK Bushidō Alami Fase IC Yang Sangat Lama

About The Author

Related posts

Leave a Reply