October 19, 2021

  • Instagram

Intel Core i7 Generasi Selanjutnya Akan Menampilkan 8 Cores Dengan 12 Threads

Bahkan sebelum Comet Lake-S desktop processors diluncurkan, sudah ada rumor seputar generasi setelahnya: Rocket Lake-S. Sekarang, ada rumor baru dari VideoCardz.com yang menyatakan bahwa chip Core i7 akan menampilkan 8 core dengan 12 threads, dan hal ini cukup aneh.


Situs ini tidak menyebutkan nama sumbernya, tetapi mereka mengklaim dapat dipercaya. Tiga tingkatan chip Rocket Lake-S dapat terlihat, mulai dari Core i5 hingga Core i9. Chip Core i5 terdaftar untuk menampilkan 6 cores dengan 12 threads, dan i9 chips dengan 8 cores dan 16 threads

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa chip i9 tidak memiliki 10 core dan 20 thread seperti yang dimiliki gen Comet Lake-S i9 saat ini, tetapi ada penjelasan sederhana untuk itu. Rocket Lake-S diharapkan menjadi jajaran chip baru pertama dari Intel yang hadir dengan arsitektur baru, namun tetap pada 14-nanometer fabrication process. Dengan perubahan ini, Intel tidak lagi dapat memasukkan 10 core karena akan jadi terlalu besar, bahkan Core i9 10900K sudah ada pada batas yang dapat dilakukan oleh silikon 14nm. Batas 8 cores ini sudah dikabarkan sejak dari tahun 2019.

Baca juga:   Benchmark Nvidia GeForce RTX 3080 baru saja bocor - AMD harus khawatir
Image credit: VideoCardz

Tentu saja, batasan ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana Intel akan membagi tumpukan produk ke dalam Core i5, i7, dan i9 untuk Rocket Lake-S, dan sepertinya akan membatasi hyperthreading hingga setengah cores pada CPU i7.


Namun, kita harus berhati-hati dalam mencermati rumor ini. Ini akan menjadi pertama kalinya kita melihat jumlah threads yang tidak identik, atau dua kali lipat dari jumlah cores, dan kita tidak bisa tahu bagaimana angka 12 itu bisa muncul. Selain itu, ini tidak masuk akal dari sudut pandang kinerja: dengan i7 yang menampilkan setengah Hyperhreading pada jumlah cores yang sama dengan i9 akan ada kesenjangan kinerja yang jauh lebih kecil antara chip i7 dan i9 seperti antara chip i5 dan i7.

Baca juga:   Game karya Yoko Taro berjudul ‘SINoALICE’ Mendapat Tanggal Perilisan Baru Setelah mengalami Penundaan


Bagaimanapun juga, masih terlihat sepertinya Rocket Lake-S akan tetap berjalan pada arsitektur Willow Cove yang baru, yang awalnya dirancang oleh Intel pada 10nm seperti yang terlihat dalam chip Tiger Lake mobile-nya. Arsitektur ini diharapkan akan di-backport ke proses 14nm untuk Rocket Lake-S SKU yang berorientasi pada performanya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply