July 30, 2021

  • Instagram

Informasi Intel yang bocor mengenai Alder Lake-S hybrid CPUs

Sebuah dokumen yang bocor dan sudah beredar mungkin menjadi bukti dari niat Intel untuk menghadirkan hybrid CPU designed Foveros packaged chips ke desktop. Kabarnya Generasi ke-12 Alder Lake-S tampaknya akan menjadi lini prosesor hybrid Intel pertama untuk desktop dan itu akan memamerkan hingga 8 + 8 big.LITTLE core configurations plus Xe graphics.

Sementara Intel’s Lakefield hybrid mobile computing chips menggunakan satu big 10nm Sunny Cove core dan empat little Tremont core untuk komputasi hemat daya, dapat dipahami bahwa banyak hal sedang ditingkatkan untuk desktop dan Alder Lake-S akan menjadi generasi yang lebih maju juga. Jadi kita sedang melihat prosesor Alder Lake-S yang akan datang dengan delapan core Golden Cove, dan octet hemat daya Gracemont cores yang tersedia untuk cadangan – totalnya 16 physical cores.

Baca juga:   Rumor CPU Intel Rocket Lake: 5 GHz All Core OC, Peningkatan Besar dalam Gaming, Full Support pada Z490

Selain diaktifkan untuk tugas-tugas yang lebih berat core besar dapat ikut bermain ketika set instruksi berikut diperlukan oleh aplikasi; Dukungan AVX-512, Intel TSX-NI, atau FP16.

Bagian lain dari dokumentasi yang diklaim menunjukkan tabel produk dengan prosesor Alder Lake 125W. Chip LGA 1700 ini memiliki konfigurasi 8 + 8 + 1 di mana nomor yang terakhir tampaknya merujuk ke GT1, sebuah integrated Xe GPU.Produk selanjutnya tampaknya menawarkan konfigurasi yang sama pada TDP yang lebih rendah (80W) sehingga bisa menjadi clock locked processor. Terakhir Intel sepertinya akan menawarkan beberapa no-hybrid CPUs dalam Alder Lake, seperti produk dengan hanya 6 core besar dan GT1.

Pengguna Twitter, Retired Engineer menerjemahkan beberapa komentar lebih lanjut tentang Alder Lake-S dari ChipHell, dan bebrapa poin penting sebagai berikut:

  • LGA 1700 dikabarkan sebagai platform umur panjang yang akan bertahan hingga tiga generasi
  • LGA 1700 mungkin mendukung PCIe 5.0 di masa depan tetapi dukungan DDR5 pada platform tidak pasti
  • Gracemont LITTLE cores akan menampilkan dukungan untuk beberapa set instruksi AVX-512
Baca juga:   Update Apex Legends Membuat Battle Pass Lebih Mudah


Lini 10nm Alder Lake-S masih jauh dari jangkauan konsumen. Kami masih harus menunggu prosesor Intel Core Rocket Lake-S ke-11. Rocket Lake-S akan menggunakan soket LGA 1200 yang sama dengan Comet Lake-S.

About The Author

Related posts

Leave a Reply