August 06, 2020

10nm Desktop CPU Intel Akan Datang Tahun 2021

Dalam post sebelumnya, pengunguman Intel tentang proses 7nmnya akan ditunda hingga akhir 2022 atau awal 2023 cukup mengirimkan kejutan pada industri ini, tetapi selain itu perusahaan juga mengungkapkan bahwa CPU 10nm pertama untuk desktop akan datang ke pasar pada pertengahan tahun 2021. Dorongan terus menerus AMD dengan prosesor 7nm Ryzen-nya telah mengejutkan intel yang terus kehilangan saham di desktop PC market, sehingga penantian yang relatif lama untuk prosesor 10 nm dapat terbukti menjadi kerugian yang signifikan bagi Intel.

Intel’s Alder Lake-S chips diketahui datang dengan hybrid architecture, yang berarti mereka akan datang dengan koleksi core yang berukuran besar dan kecil seperti arsitektur ARM’s big.LITTLE. Itu berarti Alder Lake-S tidak akan menampilkan traditional chip architecture, dan meskipun Intel telah membuka jalan dengan Lakefield 3D processors-nya, pendekatan itu menghadirkan tantangan baik dari sisi manufaktur sampai Software support. Tidak jelas apakah Intel akan menggunakan kemasan 3D untuk chip baru (yang bisa saja menyulitkan proses pembuatan).

Chip baru akan datang di soket LGA1700 baru, dan juga diperkirakan menggunakan spesifikasi DDR5 baru. Menurut pengumuman Intel hari ini, kita tidak akan melihat chip baru sampai paruh kedua 2021. 14nm Rocket Lake processors dari Intel yang akan datang akan berfungsi sebagai pengganti sementara, tetapi perusahaan belum mengungkapkan kapan chip tersebut akan datang ke pasar.

About The Author

Related posts

Leave a Reply