August 06, 2020

Intel Rocket Lake Bisa Membawa Keuntungan Kinerja Melebihi Comet Lake

Intel belum menentukan tanggal untuk meluncurkan CPU Rocket Lake generasi berikutnya. Namun,hal itu tentu saja tidak menghentikan 14nm processor.

Sejumlah Rocket Lake benchmark sekarang tersedia di database SiSoftware, seperti yang terlihat oleh @momomo_us, yang memberi kita gambaran sekilas tentang kinerja processor tersebut dibandingkan dengan yang ditawarkan Comet Lake-S Generasi ke-10 saat ini.

Chip Rocket Lake yang dimaksud hadir dengan delapan core CPU, 16 thread dan 16MB L3 cache. Dengan desain yang identik dengan Core i7-10700K, bagian Rocket Lake yang tidak disebutkan namanya kemungkinan merupakan penerus dari chip Comet Lake-S octa-core yang ada. Rocket Lake nampaknya mirip dengan Comet Lake-S dalam banyak hal. Sebagai contoh, Rocket Lake kemungkinan akan menggunakan node proses 14nm, bahkan jika itu hanya untuk corenya saja; ada Rumor bahwa Intel mengimplementasikan Gen12 Xe intel graphics melalui die 10nm di dalam struktur chiplet.


Prosesor Rocket Lake juga diperkirakan akan bekerja pada LGA1200 CPU Socket. Seperti yang Anda ketahui, mayoritas motherboard Intel 400-series siap untuk PCIe 4.0, sehingga diharapkan bahwa Rocket Lake akan datang dengan dukungan untuk speedy interface.

Beruntungnya, Rocket Lake akhirnya dapat melepaskan diri dari Skylake microarchitecture yang sudah kuno. Spekulasi saat ini adalah bahwa Rocket Lake akan dilengkapi Willow Cove microarchitecture. Willow Cove dirancang untuk Processor 10nm Intel, dan Rocket Lake diduga menggunakan core CPU 14nm. Itu berarti Intel harus membuat backport Willow Cove ke node 14nm. Cypress Cove adalah nama kode yang dikabarkan akan digunakan untuk backport ini.

Spesifikasi Intel 11th Generation Rocket Lake

ProcessorCores / ThreadsBase / Boost Clock (GHz)L3 Cache (MB)
Genuine Intel 0000*8 / 163.2 / ?16
Core i7-10700K8 / 163.8 / 5.116

Berdasarkan hasil benchmark yang baru ditemukan (dan belum dikonfirmasi) ini, Rocket Lake CPU beroperasi pada clock speed 3,2 GHz, yang kami asumsikan sebagai clock base. Sisoftware tidak mengungkapkan atau tidak dapat mengambil processor’s boost clock speed. Chip serupa octa-core Rocket Lake muncul di Geekbeench 5 dengan clock boost yang melonjak hingga 5 GHz. Kami tidak yakin apakah ini merupakan Processor yang sama.

Rocket Lake Processors mencetak 729,65 Mpix/s pada tes multimedia Processor. Dengan asumsi bahwa chip itu berjalan pada 3,19 GHz selama durasi pengujian, itu setara dengan 228,73 Mpix/s per gigahertz.

Menurut database Sisoftware, skor rata-rata dan clock speed untuk Core i7-10700K masing-masing adalah 918,59 Mpix/s dan 4,85 GHz. Jadi Core i7-10700K mengeluarkan 189,4 Mpix/s per gigahertz. Jika itu yang terjadi, chip Rocket Lake menghasilkan 20,8% Mpix/s lebih tinggi per gigahertz daripada Comet Lake.

Skor rata-rata Sisoftware untuk Core i7-10700K kemungkinan besar salah, karena kami menduga mereka juga memasukkan stok dan hasil overclock menjadi pertimbangan. Kita tahu bahwa Core i7-10700K memiliki clock boost all-core 4,7 GHz. Jika kita menggunakan nilai itu sebagai referensi, ia bekerja hingga 195,44 Mpix/s per gigahertz pada Core i7-10700K, artinya Rocket Lake hanya menawarkan kinerja 17% lebih baik.


Tidak ada metode yang akurat, tetapi setidaknya ini memberi kita gambaran tentang peningkatan kinerja yang mungkin ditawarkan Rocket Lake.

Susunan genetic Rocket Lake sangat menarik. Masih harus dilihat apakah pendekatan mix-matching  Intel benar-benar dapat menempatkan prosesornya kembali ke tempatnya. Processor AMD Ryzen 3000-series (codename Matisse) mengemas 7nm chiplets CPU dan 14nm I/O die. Disisi lain, Intel dilaporkan menggabungkan core CPU 14nm dengan 10nm graphics.

Kami Memperkirakan Rocket  Lake datang sebelum tahun ini berakhir atau mungkin awal tahun depan. Suka atau tidak suka, Rocket Lake akan menjadi solusi sementara karena 10nm desktop CPUs  Intel tidak akan diluncurkan hingga tahun depan.

About The Author

Related posts

Leave a Reply