August 06, 2020

Intel Sudah Siap Untuk Membuka Detail Next-Gen Xe Graphics-nya Bulan Depan

Intel telah siap untuk memperkenalkan next-generation graphics architecture, dengan codename Xe, bersama dengan Tiger Lake CPU-nya. Namun, tweet terbaru dari Intel akan menyampaikan bahwa perusahaan berencana untuk merinci next-generation graphics bulan depan.

Intel Xe graphics architecture akan menjadi graphics architecture terbaru dari Intel untuk bersaing secara langsung dengan AMD dan NVIDIA di semua segmen. Intel pertama-tama memprioritaskan GPU Xe-nya ke mobility platform dan produk pertama yang akan menggunakannya adalah CPU Tiger Lake (ntegrated Iris Xe Graphics) dan DG1 discrete tier mobility chips.

Menurut tweet yang discreenshot oleh Videocardz, Intel berencana untuk mengungkap lebih detail next-generation Xe graphics dalam bulan mendatang.

Tweet itu secara khusus diposting oleh akun Intel Graphics tetapi tetap saja, ini bisa menjadi detail khusus untuk Xe graphics yang akan ditampilkan pada Tiger Lake CPU. Perlu diperhatikan bahwa Intel juga memiliki rencana untuk 2 September. Intel mungkin berencana untuk mengungkap Xe graphics terlebih dahulu diikuti dengan peluncuran produk pertama yang menggunakannya. Tapi yang lebih menarik adalah fakta bahwa Intel menghapus tweet tersebut.

Intel mungkin telah menyebutkan waktu yang salah untuk mengungkap Xe graphics dalam tweet awal yang bisa jadi sebab mereka menghapus tweet tersebut. Atau penghapusan tweet itu bisa disengaja karena perusahaan ingin membuat Antisipasi untuk next-generation Xe graphics lineup.

Seperti yang dikatakan, Tiger Lake CPUs dengan integrated Xe dan DG1 mobility GPUs dengan discrete Xe hanya dua produk, Xe powered lineup yang sebenarnya memiliki skala yang lebih besar, powering discrete, workstation, cloud dan kartu graphics HPC. Jika Intel benar-benar ingin menjadi selangkah lebih maju dengan peluncuran Xe graphics-nya, maka mereka dapat memulai dengan tidak hanya meluncurkan produk-produk mobile-nya tetapi juga dengan merinci susunan discrete graphics card dan kapan pengguna dapat mendapatkannya di pasar.


Intel jelas memiliki beberapa persaingan GPU yang berat di mobility market tetapi perjuangan sesungguhnya adalah di bidang discrete graphics di mana NVIDIA telah berkuasa di high-performance segment selama bertahun-tahun sekarang dan AMD masih memegang posisi tinggi dalam budget and mainstream segment.

About The Author

Related posts

Leave a Reply