July 30, 2021

  • Instagram

GIGABYTE Secara Resmi Meluncurkan Z490 AORUS Master WaterForce Motherboard

GIGABYTE TECHNOLOGY Co. Ltd, produsen terkemuka motherboard, graphics cards, dan hardware solution, minggu lalu mengumumkan Z490 AORUS MASTER WATERFORCE motherboard yang baru akan bergabung dengan Z490 water cooling lineup dengan teknologi terkemuka, yang mendukung Liquid Cooler AIO 360 di dunia. dirancang untuk Mengontrol suhu overclocking pada 10-core K series Intel Core processors. 14-phase digital power design dengan masing-masing fase menahan hingga 90 amp melepaskan kinerja ekstrem dan mengoptimalkan kemampuan overclocking pada prosesor baru. Motherboard GIGABYTE Z490 AORUS menggunakan teknologi XTREME MEMORY dengan desain anti-interference untuk meningkatkan overclocking dan stabilitas memori. Z490 AORUS MASTER WATERFORCE menawarkan inovasi sebagai kualitas audio terbaik, dan feature-rich I/O dengan integrated I/O shield, dan masih banyak lagi, memeriksa semua hal penting bagi pengguna tentang kinerja sistem, manajemen daya, termal, dan audio.

Prosesor Intel Core generasi ke-10 telah ada di pasaran, telah ditingkatkan hingga 10 core, 20 thread, dan 20 MB total cache, peningkatan kinerja dengan TDP standar yang mencapai 125 Watt. Panas berlebih dan TDP juga meningkat terutama saat overclocking pada semua core. Banyak pengguna memilih liquid cooling untuk menghilangkan panas berlebih yang dihasilkan dari operasi kecepatan tinggi, dan kinerja overclocking yang ekstrem dari processor. Namun, pengguna sering ragu karena liquid cooling AIO yang biasa tidak dapat menutupi VRM dissipation, dan monoblock untuk prosesor dan area VRM dari open liquid cooling selalu sulit untuk dibeli secara terpisah serta meningkatkan kemungkinan untuk membatalkan garansi. Untuk memberikan pilihan yang nyaman bagi pengguna tanpa melanggar garansi, GIGABYTE merilis motherboard Z490 AORUS MASTER WATERFORCE dengan desain yang sepenuhnya baru dengan liquid cooling AIO 360 yang dapat menghilangkan panas dari prosesor dan VRM secara bersamaan.

Baca juga:   Playstation 5 Akan Gunakan NVMe SSD Samsung?

Sangat mudah untuk memasang monoblock motherboard Z490 AORUS MASTER WATERFORCE. Pengguna hanya perlu mengencangkan empat sekrup seperti general AIO water cooling system untuk menyelesaikan perakitan. Ditingkatkan dengan  direct-touch heatpipe dan generasi baru 7.5 W / mK LAIRD Thermal Conductivity Pad, hal ini meningkatkan kontak antara VRM dan thermal pad yang memberikan konduksi panas yang unggul, menjatuhkan panas 23% dibandingkan dengan non-liquid cooling designs. Kelebihan panas yang dihasilkan dari prosesor dan VRM beralih ke monoblock, melanjutkan konveksi panas melalui cooling water dan tiga set dual-ball bearing pada 120 cm, yang meningkatkan efisiensi pembuangan panas. Logo AORUS Falcon dengan pencahayaan RGB pada monoblock dan pencahayaan LED digital pada kipas memungkinkan sinkronisasi pencahayaan dengan sistem atau periferal sehingga pengguna dapat menampilkan gaya mereka sendiri. Dengan fungsionalitas dan gaya, pelat belakang logam dari motherboard AORUS menambah kekokohan ekstra pada motherboard sambil menghilangkan panas dengan cepat dari komponen belakang dan PCB, menghindari ketidakstabilan sistem yang disebabkan oleh kelebihan beban.


Motherboard GIGABYTE Z490 AORUS MASTER WATERFORCE 14-phase digital power design di mana setiap fase dapat menyimpan hingga 90 amp dengan desain Smart Power Stage-nya, menghasilkan hingga 1260 Amps untuk keseimbangan daya terbaik untuk mencegah penurunan kinerja prosesor dari VRM terlalu panas. Solid power pin connectors bersama juga dengan penambahan kapasitor Tantalum Polymer meningkatkan transient response VRM antara beban tinggi dan rendah untuk mengurangi 22% gelombang tegangan, memberikan daya yang lebih stabil dan murni untuk meningkatkan stabilitas prosesor sehingga pengguna tidak harus khawatir tentang kegagalan overlocking yang disebabkan oleh daya yang tidak stabil.

Baca juga:   AMD Rilis Update Driver Terbaru Radeon Adrenalin 2020 Edition 20.4.2

Selain dari manajemen daya dan termal, motherboard GIGABYTE Z490 AORUS MASTER WATERFORCE menawarkan konfigurasi memori yang mengesankan dengan kapasitas memori single-slot 32 GB. Teknologi XTREME MEMORY yang unik dari PCB dengan desain anti-interference mengurangi gangguan elektromagnetik, yang memastikan kinerja overclocking yang lebih tinggi pada memori dengan stabilitas yang lebih tinggi. signal stabilizing function dari tantalum Polymer capacitoes di dasar slot memori semakin meningkatkan stabilitas board terutama ketika overclocking pada frekuensi tinggi XMP, memungkinkan kinerja overclock RAM pada kecepatan DDR4 5000 MHz dan di atasnya sesuai dengan hasil pengujian.


Z490 AORUS MASTER WATERFORCE menggunakan PCB kelas 4.0e PCIe, slot PCIe, slot M.2, dan controller untuk kualitas bandwidth tertinggi. Untuk mengatasi potensi kemacetan ini, motherboard Z490 AORUS MASTER WATERFORCE dilengkapi dengan Thermal Guard II. Dengan penyesuaian unik dalam mekanismenya, desain yang dipatenkan memastikan bahwa kedua sisi M.2 SSD didinginkan secara memadai untuk mencegah pelambatan termal pada saat operasi kecepatan tinggi.

Z490 AORUS MASTER WATERFORCE mengintegrasikan fungsi yang berlimpah. Intel 2.5 Gbps Ethernet board membawa konektivitas sangat cepat yang 2,5 lebih cepat dari Gigabit Ethernet. Selain itu, board ini mengimplementasikan Intel WiFi 6 802.11ax network adapter AORUS high-gain WiFi smart antenna untuk menghasilkan kecepatan transmisi hingga 2,4 Gbps. Konfigurasi Ethernet dan WiFi yang sangat cepat berarti pengguna memiliki konfigurasi yang fleksibel dengan konektivitas internet yang sangat cepat dan stabil. Ketika berbicara tentang audio, GIGABYTE selalu ada di puncak. Z490 AORUS MASTER WATERFORCE menggunakan mesin audio ALC 1220-VB dan memasangkannya dengan kapasitor audio kelas-studio WIMA FKP2 untuk menghasilkan audio kelas-studio, high-fidelity audio.

Baca juga:   AMD Ryzen 3000 XT Refresh – Sedikit Penambahan Boost Clock

Z490 AORUS MASTER WATERFORCE dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan pengguna akan CPU dan VRM heat dissipation, tetapi bagi para pengguna yang mengejar sistem tingkat tinggi dan lebih bergaya, motherboard unggulan Z490 AORUS XTREME WATERFORCE sangat direkomendasikan untuk open loop water cooling system. Z490 AORUS XTREME WATERFORCE didasarkan pada Z490 AORUS XTREME, yang menghasilkan daya ekstrem, sirkuit memori, dan  expansion design. Melalui AORUS All-In-One Monoblock, panas dari CPU, chipset, dan bahkan SSD M.2 dapat dihilangkan pada saat yang bersamaan. Ditingkatkan dengan 7,5 W / mK LAIRD Thermal Conductivity Pad, kontak antara VRM, chipset, dan monoblock ditingkatkan, memberikan konduksi panas yang unggul untuk menghindari ketidakstabilan dari sistem yang kelebihan beban. Sementara itu, design yang modis dan embedded dual digital RGB lighting design memberikan peminat liquid cooling dengan premium liquid cooling system gaya yang disesuaikan.

Motherboard Z490 AORUS MASTER WATERFORCE dan AORUS XTREME WATERFORCE juga menghadirkan kembali teknologi favorit penggemar seperti RGB Fusion dengan dukungan digital lighting strips, Smart Fan 5 Technology, USB TurboCharger untuk pengisian daya yang cepat pada ponsel, dan teknologi lainnya. GIGABYTE BIOS telah sepenuhnya dirubah dengan graphical Interface baru yang menampilkan informasi penting tentang clock speed, memori, perangkat penyimpanan, fan statuses, dan informasi hardware penting lainnya dengan cara yang lebih intuitif dan ramah pengguna. Teknologi Q-Flash Plus memungkinkan pengguna untuk mempertahankan BIOS sistem dalam USB flash drive tanpa memasang CPU, RAM, GPU, dan peripherals lainnya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply