October 24, 2021

  • Instagram

AMD Sudah Mulai Bekerja pada Penerus Big Navi

Kami belum melihat beberapa informasi konklusif tentang AMD Big Navi (RDNA 2) GPU untuk Radeon RX enthusiast graphics card yang akan datang, namun leaker terkenal Komachi telah melaporkan bahwa AMD telah memulai pengembangan awal dari generasi berikutnya, enthusiast-class GPU, RDNA 3 berbasis Navi 31 dan RDNA 4 berbasis Navi 41.

AMD telah menyatakan bahwa Big Navi (RDNA 2) GPU dengan codename Navi 21 akan membawa keberhasilan yang sama di 4k gaming segment seperti Zen architecture miliknya yang dibawa ke CPU segment. AMD berencana untuk mengungkap Big Navi GPU sebelum produk RDNA 2 lainnya, ini termasuk next-gen consoles dari Sony dan Microsoft. Big Navi GPU akan menjadi andalan dari RDNA 2 lineup dan akan menetapkan standar baru untuk semua GPU generasi berikutnya.

Dalam serangkaian tweet oleh Komachi, tampaknya AMD sudah mulai merancang penerus generasi berikutnya untuk Big Navi (Navi 21) GPU. Komachi mentweet bahwa ada dua chip yang sedang direncanakan. Pertama adalah Navi 31 GPU yang juga dilaporkan dalam bocoran lain baru-baru ini sedangkan chip kedua adalah GPU yang kedatangannya masih jauh dari sekarang tetapi pertama kali direferensikan oleh Komachi dalam tweet barunya.

Baca juga:   AMD Ryzen 4000 Bisa saja memiliki 10-core CPU yang bertujuan untuk mengalahkan Intel’s Comet Lake flagship

Tweet tersebut mengacu pada Navi 31 dan Navi 41 GPU dan juga menunjukkan pilihan desain yang baru-baru ini muncul di rumor mill. Jadi mari kita bicara tentang dua next-generation RDNA Navi GPU variant dan mencoba mencari tahu apa yang akan terjadi di masa depan untuk next-generation Radeon Graphics card dari AMD.

AMD Navi 31 (RDNA 3) GPU


next-generation GPU yang disebutkan dalam tweet pertama kali adalah AMD Navi 31. GPU ini diduga merupakan bagian dari RDNA 3 lineup dari Navi 3X GPUs. Jajaran AMD RDNA 3 Navi 3X GPU diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2022 dan rumor terbaru telah menyoroti bahwa generasi GPU ini akan menjadi yang pertama dari AMD yang menggunakan architecture berbasis chiplet, mirip dengan Zen 2 CPUs. AMD RDNA 3 Navi 31 GPU juga akan menggantikan Navi 21 GPU berbasis RDNA 2.

Tweet dari Komachi memperkuat rumor ini karena cuitannya membahas Navi 3X GPU yang disebutkan di samping GCD / MDC identifiers. GDC identifiers tampaknya menunjukkan Graphics Complex Die sedangkan MCD mengacu pada Memory Complex Die. Ini berarti chip RDNA 3 akan membawa metodologi desain yang sama dengan Zen 2 tetapi untuk GPU, memungkinkan AMD untuk mencampur dan mencocokkan beberapa IP GPU secara bersamaan. Sesuai rumor, AMD akan memanfaatkan beberapa node berbeda untuk berbagai chiplet yang dimasukkan pada interposer yang sama. Ada kemungkinan AMD akan memisahkan Main graphics dies dari I / O dies seperti Zen 2.

Baca juga:   MSI Meluncurkan Firmware BIOS AMD AGESA 1.2.0.4 Ke Lebih Banyak Motherboard X570, B550, X470, B450 & A520

Hal Ini berarti AMD dapat menumpuk beberapa node GPU yang lebih kecil bersama-sama untuk membentuk GPU yang jauh lebih besar. Beberapa GPU dies dapat ditampilkan di GDC mereka sendiri (mirip dengan Zen 2’s CCD atau Core Complex Die) untuk membentuk GPU yang lebih besar dengan efisiensi yang lebih tinggi dan lebih banyak throughput. Hal Ini dapat memulai GPU cores untuk menskalakan dengan proporsi yang luar biasa, memulai perang cores count di segmen GPU juga. NVIDIA juga secara aktif mengerjakan desain chipletnya sendiri yang diperkirakan diluncurkan dengan chip Generasi Hopper sekitar tahun 2022.

AMD Navi 41 (RDNA 4) GPU

AMD Navi 41 GPU juga disebutkan dan ini tampaknya merupakan GPU masa depan mengingat seri Navi 4X yang diduga akan didasarkan pada RDNA 4 architecture bahkan belum disebutkan dalam roadmap resminya. Satu hal yang perlu diperhatikan, Navi 31 GPU sudah disebut sebagai enthusiast-class GPU tetapi kami tidak dapat memastikan apakah Navi 41 juga dapat diposisikan dengan cara yang sama.

Baca juga:   AMD Radeon RX 6900 XT Flagship “Big Navi” Graphics Card Diungkapkan dengan harga $999 US - Pesaing GeForce RTX 3090 Hanya dengan 300W

Sesuai klasifikasi AMD Polaris dan penomoran GPU, angka yang mengikuti generation tier ‘Navi 1*’ mengacu pada waktu di mana GPU dibuat / dikembangkan. Dalam hal Navi 10, ini adalah Navi 10 GPU pertama yang dikembangkan diikuti oleh Navi 12 GPU dan kemudian Navi 14 GPU. Hal ini tampaknya telah berubah karena sekarang angka yang lebih rendah mewakili tingkat kinerja yang lebih tinggi.


Tapi tetap saja, mengetahui bahwa AMD dapat membentuk rencana awal untuk RDNA 4 GPU series pasti membuat kami bersemangat untuk melihat apa yang akan datang dari AMD dan nextgeneration Radeon RX graphics miliknya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply