July 24, 2021

  • Instagram

Intel’s High-End Xe-HPG GPU Powered Discrete Gaming Graphics Cards yang pertama akan diluncurkan pada tahun 2021

Intel sudah siap untuk meluncurkan discrete gaming graphics cards pertamanya yang didasarkan dari Xe GPU architecture pada tahun 2021. Ditujukan untuk enthusiast gaming marketnext-generation Intel Xe discrete graphics cards akan menampilkan semua hal yang dapat diharapkan dalam modern gaming-oriented GPU seperti ray tracing dan banyak horsepower untuk 4K enthusiast tier performance.

Hal ini di infokan oleh Videocardz yang telah melaporkan bahwa Intel berencana untuk meluncurkan jajaran discrete graphics card pertamanya khusus untuk  enthusiast gaming segment. Sepertinya Intel akan bersaing langsung dengan jajaran AMD RDNA 2 dan NVIDIA Ampere yang akan diluncurkan tahun ini.

Menurut bocoran, jajaran Intel gaming graphics card akan ditenagai oleh Xe-HPG GPU. GPU khusus ini termasuk dalam kategori yang berbeda dalam Xe micro-architecture. Dimana GPU ini berada di antara Xe-LP dan Xe-HP dan ditargetkan terutama pada gaming audience. GPU Xe-HPG diperkirakan menggunakan single tile dan dengan asumsi bahwa single tile terdiri dari 512 EU, kita dapat mengharapkan hingga 4096 core pada chip andalannya.

Baca juga:   Intel Ejek Apple Lewat Sejumlah Iklan Baru

Berdasarkan laporan yang kami dapat dan dari apa yang telah dibicarakan Intel mengenai chip Ponte Vecchio-nya, sepertinya Intel berada di dalam rangkaian MCM melihat setiap chip terdiri dari beberapa Xe GPU tiles yang akan dihubungkan bersama untuk membentuk GPU. Berikut adalah UE count sebenarnya dari berbagai MCM-based Xe HP GPUs Intel bersama dengan perkiraan jumlah cores dan TFLOP:

  • Xe HP (12.5) 1-Tile GPU: 512 EU [Est: 4096 Cores, 10.6 TFLOPs 1.3 GHz, 150W]
  • Xe HP (12.5) 2-Tile GPU: 1024 EUs [Est: 8192 Cores, 21.2 1.3 GHz, TFLOPs, 300W]
  • Xe HP (12.5) 4-Tile GPU: 2048 EUs [Est: 16,384 Cores, 42.3 TFLOPs 1.3 GHz, 400W/500W]
Baca juga:   AMD Dikabarkan Akan Luncurkan Kartu Grafis Baru RDNA2 September Mendatang

Tentu saja, Intel dapat memilih jumlah UE yang lebih tinggi pada Xe-HPG gaming-specific GPUs miliknya, tetapi hal itu masih belum bisa kita lihat sampai spesifikasi akhir diungkapkan. Sedangkan untuk fitur khusus game, Intel Xe-HPG powered graphics cards akan menampilkan hardware-accelerated ray tracing dan fitur GDDR6 Memory untuk mengoptimalkan kinerja dan value sedangkan jajaran Xe-HP yang ditujukan untuk data center market akan memilih HBM Memory.

Bocoran tersebut juga berbicara mengenai produk Intel Xe-LP yang dikenal sebagai SG1 yang merupakan graphics card yang ditujukan untuk server market. Sedikit sekali detail yang diketahui dari bagian ini tetapi diharapkan datang pada akhir tahun 2020. Raja Koduri telah memberi sedikit informasi tentang tiga  massive GPU dies dalam ‘BFP’ (Big Fabulous Package) yang mencakup ketiga varian Xe-HP. Tidak ada keraguan bahwa salah satu chip ini memiliki prinsip desain yang sama dengan Xe-HPG yang didasarkan pada desain 1-tiles sebagai komponen Xe-HP paling awal.

Baca juga:   Intel Alder Lake S Akan Datang Pada November 2021

Semua Intel Xe GPUs diperkirakan dibuat pada 10nm process oleh external foundry sesuai dengan informasi yang bocor.

Intel baru-baru ini memberikan demo pertama dari Xe LP GPU di dalam CPU Tiger Lake yang akan datang yang terbukti menjadi kemajuan besar dalam integrated graphics performance untuk Intel seperti yang terlihat dalam demonstrasi.

About The Author

Related posts

Leave a Reply