September 26, 2021

  • Instagram

Intel’s Next-Generation Xe-HPG Gaming GPUs Memanfaatkan TSMC’s 6nm Process Node, Diluncurkan pada 2021’s Discrete Graphics Lineup

Intel akan meluncurkan gaming discrete graphic cards pertamanya berdasarkan next-generation Xe-HPG GPU tahun depan. Gaming lineup akan menampilkan berbagai produk tetapi tidak seperti Xe-LP & Xe-HP GPU  yang akan dibuat pada 10nm SuperFin process node milik Intel, Xe-HPG GPU akan diproduksi di external foundry dengan TSMC. kandidat yang paling memungkinkan.

Laporan yang keluar dari outlet berbasis Taiwan tampaknya menunjukkan bahwa TSMC yakin dapat menang untuk Intel next-generation Xe-HPG GPUs. Seperti dilansir IThome (via @ harukaze5719), Intel Xe-HPG GPU akan diproduksi di TSMC’s fabs, dengan memanfaatkan teknologi fabrikasi terbaru mereka. Sumber yang berbasis di Taiwan mengklaim bahwa Intel kemungkinan akan menggunakan TSMC’s 6nm process node untuk GPU gaming-nya yang akan bersaing dengan jajaran AMD RDNA 2 dan Ampere NVIDIA GPU.

Baca juga:   PowerColor Bersiap siap Untuk Peluncuran AMD Radeon RX 6600 XT & RX 6600 ‘Navi 23’ Graphics Cards

TSMC 6nm process node telah diungkapkan tahun lalu dalam Roadmap terbaru perusahaan. Dengan codename ‘N6’, TSMC 6nm process akan menggunakan versi lebih canggih dari teknologi EUV litography. Hal Ini akan menawarkan peningkatan 18% dalam logic density dibandingkan dengan TSMC’s 7nm (N7) process dan kompatibel dengan desain 7nm yang dinyatakan untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk memasarkan consumer products.

Xe-HPG class gaming GPUs juga akan menggunakan desain kemasan standar yang seharusnya relatif mudah diproduksi sementara datacenter dan chip HPC akan menggunakan perpaduan teknologi pengemasan canggih yang telah diinovasi Intel selama bertahun-tahun seperti EMIB, CO-EMIB, dan FOVEROS.

Inilah Semua yang Kami Ketahui Tentang Intel’s Discrete Gaming Graphics Cards yang ditenagai oleh Xe-HPG GPUs

Baca juga:   MSI Mengungkapkan Motherboard AMD Ryzen 5000 CPU Ready MEG B550 Unify - Didesain Untuk Overclocking Memory, Mencapai Hingga DDR4-6536 MHz

Intel’s gaming graphics card lineup akan didukung oleh Xe-HPG GPU. GPU khusus ini masuk didalam kategori lain pada Xe micro-architecture. berada di antara Xe-LP dan Xe-HP dan ditargetkan terutama pada gaming audiences. Xe-HPG GPU diperkirakan menggunakan single tile dan dengan asumsi bahwa single tile terdiri dari 512 EU, kita dapat melihat hingga 4096 core pada chip andalannya.

Tentu saja, Intel dapat memilih  UE Count yang lebih tinggi pada Xe-HPG gaming-specific GPUs tetapi hal ini belum pasti sampai spesifikasi akhir diungkapkan. Sedangkan untuk fitur khusus game, graphics card yang didukung Intel Xe-HPG akan menampilkan hardware-accelerated ray tracing yang dan fitur memori GDDR6 untuk mengoptimalkan kinerja dan value sedangkan jajaran Xe-HP yang ditujukan untuk data center market akan memilih HBM memory.

Baca juga:   Warframe: The New War expansion membawa semua orang bersama dalam cross-play

About The Author

Related posts

Leave a Reply