April 19, 2021

  • Instagram

AMD Van Gogh Ultra-Low Power Ryzen Mobile APUs Akan Menampilkan Zen 2 CPU & RDNA 2 GPUs, Serta Mendukung LPDDR5 & 7,5-18W TDP

AMD sedang mempersiapkan jajaran baru Van Gogh low power Ryzen mobile APUs. Kami telah mendengar beberapa detail bahwa APU ini akan menggabungkan architecture yang sangat berbeda dibandingkan dengan APU Cezanne yang diluncurkan di standard U and H series segments.

Kami mendengar beberapa detail baru yang menarik tentang Cezanne APUs berbasis Zen 3 dari pengguna Twitter Patrick Schur, dia telah membocorkan informasi mengenai Van Gogh APU di tweet terbarunya. AMD Van Gogh APU akan menjadi bagian dari Ryzen dan dianggap sebagai bagian dari Ryzen 5000.

Tweet tersebut menyebutkan bahwa AMD Ryzen APU yang merupakan bagian dari Van Gogh akan menampilkan dua key technologies. Ini termasuk Zen 2 CPU dan RDNA 2 GPU architectures. Desainnya tidak akan seperti apa pun yang telah dilakukan AMD pada platform PC, tetapi dua architecture yang sama telah diimplementasikan untuk Next-gen Console dari Microsoft dan Sony. Ryzen 4000 Renoir APU yang ada saat ini menampilkan Zen 2 CPU dan Vega GPU architecture sementara Cezanne APU yang akan datang akan menampilkan Zen 3 CPU dan Vega Enhanced GPU architecture.

Meskipun kita sudah mengetahui potensi penuh dari Zen 2 CPU architecture, kemungkinan besar yang digunakan oleh Van Gogh APU akan didasarkan pada enhanced 7nm process node. Anda mungkin dapat menyebutnya Zen 2+ yang akan memberikan peningkatan efisiensi dan clock sustainability yang jauh lebih baik. GPU akan menerima peningkatan besar dalam bentuk RDNA 2.

AMD RDNA 2 GPUs akan memberikan peningkatan performance per watt design dibandingkan RDNA 1. Estimasi internal AMD telah menunjukkan peningkatan performance per watt sebesar 50%. Kami belum pernah melihat GPU RDNA yang beraksi dalam integrated chip design dan Van Gogh mungkin adalah yang pertama menunjukkan bagaimana next-gen Navi 2X GPU bekerja dalam desain monolithic APU. Kita dapat mengharapkan Peningkatan besar dalam overall performance melalui Vega 7nm GPU, tetapi main bottleneck akan datang dari memory & cache design dari Van Gogh APUs.

Untuk mengurangi masalah bandwidth, AMD’s Van Gogh Ryzen APUs diperkirakan akan menampilkan LPDDR5 memory. Evolusi dari LPDDR4x memory menyediakan kecepatan transfer data 50% lebih cepat & juga bandwidth yang lebih tinggi yang akan membantu memberikan kinerja praphics yang lebih baik. Untuk TDP, Van Gogh akan menampilkan konfigurasi berawal dari 7.5W dan dapat dikonfigurasi hingga 18W.

MebiuW di Twitter telah membagikan gambar dari internal AMD roadmap yang menunjukkan Van Gogh dan Cezanne APU bersama dengan core architectures mereka.

Tidak disebutkan kapan chip ini akan diluncurkan tetapi laporan sebelumnya telah mengisyaratkan kemungkinan akan dirilis pada akhir 2020, tetapi saya pikir pengumuman tersebut akan berlangsung bersamaan dengan pengenalan AMD Ryzen 5000 ‘Cezanne’ pada CES 2021.

Van Gogh CPUs juga dilaporkan dalam revisi A0. Bocoran sebelumnya mengindikasikan bahwa Van Gogh kemungkinan akan menampilkan Zen 2 CPU cores dan Navi GPU cores. Meskipun Zen 2 telah terbukti menjadi chip yang sangat efisien untuk low-power segment, bagian paling menarik dari Van Gogh APU adalah Graphics chipnya yang tidak hanya akan didasarkan pada Graphic architecture yang lebih baik daripada Vega tetapi juga AMD RDNA 2 IP. GPU spesifik untuk Van Gogh APU adalah Navi 21.

Sekali lagi, penggunaan codename Navi 21 di sini mungkin membingungkan banyak orang, tetapi seperti Vega 20 yang merupakan codename untuk 2nd gen Vega (7nm) graphics IP. codename Navi 21 mungkin ada di sana untuk menunjukkan 2nd Gen Navi (7nm) graphics IP. Kami menyadari bahwa Navi 21 juga merupakan codename yang digunakan untuk Big Navi GPU.

About The Author

Related posts

Leave a Reply