August 02, 2021

  • Instagram

NVIDIA GeForce RTX 3090 Flagship Ampere Gaming Graphics Card, Triple-Slot Founders Edition Cooling Design Dengan Harga $ 1400 US

NVIDIA’s GeForce RTX 3090 graphics card akhirnya diperlihatkan dengan segala kemegahannya dan terlihat seperti salah satu graphic card yang luar biasa. Dibocorkan oleh pengguna twitter @GarnetSunset, NVIDIA GeForce RTX 3090 akan menjadi penawaran andalan dalam Ampere gaming graphics card lineup dan menampilkan desain massive cooling design.

Bocorannya menunjukkan NVIDIA’s GeForce RTX 3090 berada tepat di sebelah GeForce RTX 2080. Hanya dengan melihat kartunya, GeForce RTX 3090 terlihat sangat besar dan mendukung triple slot form factor. Bocoran ini tidak hanya mengkonfirmasi heatsink dan cooling shroud, tetapi juga mengkonfirmasi beberapa laporan yang menyatakan bahwa NVIDIA akan habis-habisan dengan desain Founders Edition pada higher end Ampere GPU based graphics cards seperti GeForce RTX 3090.

Melihat kartunya sendiri, GeForce RTX 3090 sepertinya menjadi reference graphics card pertama yang datang dalam bentuk dan ukuran yang begitu besar. Ini adalah triple-slot behemoth dengan dual axial-tech fans yang ditempatkan di bagian depan dan belakang dalam konfigurasi push-and-pull. Bagian depan kartu tampaknya menampilkan  heatsink blocks yang terbuka dengan beberapa fins ditempatkan di atas PCB. Ada batang aluminium yang membantu memperkuat shroud dan bahkan menampilkan logo NVIDIA kecil yang terukir di frame logam

Baca juga:   Watch Dogs Kini Tersedia Secara Gratis Di Epic Games Store Hingga 26 Maret 2020

Bagian belakang kartu memiliki backplate dengan warna hitam matte dan batang aluminium yang sama dengan bagian depannya. Karena kartu ini memiliki fitur GDDR6X memory di bagian belakang juga seperti yang terlihat pada PCB khusus, masuk akal untuk menyertakan kipas di bagian belakang untuk menjaga suhu tetap terjaga di kedua sisi.

Nama kartu telah diblur dan dari tampilannya, kartu tersebut masih dalam tahap pengujian awal mengingat tanda ‘Config 1’ pada slot PCIe. Desain Founders Edition juga diperkirakan menampilkan lebih dari 20 power choke yang menjadikannya desain yang lebih premium daripada flagship non-reference RTX 20 series cards.

Sebagai perbandingan, bocoran NVIDIA GeForce RTX 3080 Founders Edition dari beberapa bulan yang lalu menampilkan standard 2-slot design sehingga 3-slot design tampaknya eksklusif untuk GeForce RTX 3090. bocoran juga menyebutkan harga $ 1400 US untuk Founders Edition graphics card.

Baca juga:   ASUS Meluncurkan Motherboard Prime TRX40-PRO S

Menurut detail yang bocor, GeForce RTX 3090 akan menampilkan GA102-300-A1 GPU. GA102-300-A1 GPU dikatakan terdiri dari 5248 CUDA cores atau 82 SM. Secara total, itu adalah peningkatan 20% dalam cores dibandingkan GeForce RTX 2080 Ti. Tidak ada detail seperti clock speed, TMU / ROP counts yang disediakan dan kami tidak dapat menggunakan die Ampere A100 sebagai referensi karena bagian gaming & HPC berbagi configuration hierarchy.yang berbeda.

Beralih ke memori, hal-hal mulai terlihat menarik karena dikatakan bahwa kartu tersebut akan mendapatkan memori hingga 24 GB dengan kecepatan GDDR6X pin yang lebih cepat. Karena itu adalah 384-bit bus yang kita lihat, ia akan dapat menawarkan bandwidth hampir 1 TB / dtk.

Baca juga:   NVIDIA GeForce RTX 3090 Secara Resmi 10-15% Lebih Cepat Dari GeForce RTX 3080 Dalam 4K Gaming, Mengonfirmasi Supply Terbatas Saat Peluncuran

NVIDIA GeForce RTX 30 ‘Ampere’ Gaming graphics card lineup diperkirakan akan diumumkan pada 1 September di acara digital yang akan dipandu oleh CEO NVIDIA, Jensen Huang.

About The Author

Related posts

Leave a Reply