July 24, 2021

  • Instagram

1usmus Mengungkapkan ClockTuner Performance Boosting Utility Untuk AMD Ryzen 3000 CPU, Juga Meningkatkan Efisiensi Setiap CCX

Yuri Bubliy yang lebih terkenal sebagai 1usmus telah meluncurkan performance-boosting utility barunya untuk AMD Ryzen 3000 CPU yang dikenal sebagai ClockTuner for Ryzen atau singkatnya CTR. Alat baru ini tidak hanya bertujuan untuk membantu meningkatkan kinerja bagi pemilik Zen 2 Ryzen tetapi juga meningkatkan efisiensi dengan mengurangi penggunaan daya dari processor berbasis Zen 2.

1usmus terkenal karena karyanya pada DRAM Calculator untuk Ryzen dan sekarang mengembangkan kemampuannya lebih dari itu. Alat tuning Ryzen terbaru miliknya dikenal sebagai CTR atau ClockTuner for Ryzen. tuning utility telah dirancang untuk meningkatkan kinerja processor berbasis Zen 2 yang menyertakan Ryzen 3000 dan 3rd Gen Ryzen Threadripper CPUs tanpa meningkatkan konsumsi daya.

Bagaimana alat ini dapat mencapai hal ini cukup rumit tetapi CTR 1usmus sepenuhnya otomatis sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang apa pun. Dijelaskan bahwa utility tersebut akan meningkatkan kinerja keseluruhan AMD Zen 2 processors, khususnya yang menampilkan chiplet based design, dengan undervolting masing-masing modul CCX. Dengan melakukan undervolt di setiap CCX, Zen 2 processor terbukti tidak hanya bekerja lebih cepat tetapi juga lebih dingin.Hal Ini juga menurunkan konsumsi daya secara keseluruhan sementara CPU dapat mempertahankan status aktif untuk semua teknologi hemat energi.

Baca juga:   MSI GeForce RTX 3070 Ti SUPRIM X Dan VENTUS 3X Akan Menunjukkan GDDR6X

Fitur utama lainnya dari CTR adalah Smart Overclocking yang mengevaluasi kualitas setiap CCX & menyesuaikan frekuensinya secara individual. Preset khusus Prime95, juga dikembangkan oleh 1usmus, tertanam di dalam utility yang mengevaluasi kualitas setiap CCX. Algoritme telah dirancang yang menyempurnakan frekuensi untuk balanced operation pada semua CCX tanpa menggeser beban pada CPU nodes (modules).

Prime95 bukan satu-satunya software evaluasi yang tertanam dalam CTR. 1usmus juga telah menampilkan plug-in test package Cinebench R20 yang tidak hanya mengevaluasi kinerja keseluruhan dari tuned CPU tetapi juga menunjukkan CPU voltage dan konsumsi daya sebagai bagian dari tes efisiensi yang telah dicapai saat menjalankan built-in Cinebench R20 benchmark.

Baca juga:   Warhammer 40.000: Battlesector akan hadir di PC pada bulan Mei

1usmus’s telah menyatakan bahwa CTR disediakan secara gratis untuk digunakan semua orang dan menawarkan kinerja yang lebih baik daripada kebanyakan overclocking utilities atau automated boosting techniques  yang ditawarkan vendor motherboard yang hanya memberikan sedikit peningkatan kinerja sambil meningkatkan TBP hingga 50% dan terkadang bahkan lebih dari itu.

1usmus’s CTR (ClockTuner For AMD Ryzen) CPU Performance & Efficiency Tests

Sedangkan untuk hasil yang dicapai dengan CTR, 1usmus telah memberikan hasil dari dua sistem Zen 2. Satu dikonfigurasi dengan Ryzen 9 3900X (ASUS Rog Crosshair VII Hero) dan yang lainnya menjalankan AMD Ryzen Threadripper 3960X (ASUS ROG Zenith II Extreme). Kedua sistem dibandingkan pada pengaturan default & tuned (CTR).

Dibandingkan dengan default AMD Ryzen 9 3900X CPU, tuned variant memberikan peningkatan kinerja 7% sekaligus mengurangi total CPU power draw sebesar 12.8 Watts. CPU bekerja pada frekuensi yang lebih tinggi dengan tetap mempertahankan tegangan yang lebih rendah sebesar 1.225V dibandingkan dengan default sebesar 1.312V.

Baca juga:   Gambar Intel Xe-HPG (DG2) 512EU graphics card Telah Keluar

AMD Ryzen Threadripper 3960X system mengalami peningkatan kinerja sebesar 5,2% dan total power draw turun sebesar 12 Watts. CPU juga berjalan pada voltage yang lebih rendah dari 1,25V sambil mempertahankan clock yang stabil dibandingkan dengan chip default yang dikonfigurasi pada 1,296V.

Untuk compatibility, software CTR untuk AMD Ryzen CPUs didukung oleh semua motherboard AM4. Bahkan jika motherboard Anda tidak mendukung CCX configuration untuk CCX, itu masih akan berfungsi karena low-level SMU access dapat melewati batasan apa pun yang diberlakukan oleh CPU atau vendor motherboard. Secara khusus juga dinyatakan bahwa CTR tidak berisikan kode berbahaya yang mungkin dianggap oleh software anti-virus berbahaya bagi sistem. Ini adalah salah satu masalah utama dengan AMD DRAM calculator for Ryzen CPUs tetapi telah diperbaiki dengan CTR.

About The Author

Related posts

Leave a Reply