September 20, 2021

  • Instagram

AMD Akan memperkenalkan Next-Gen Ryzen 4000 ‘Vermeer Zen 3’ CPU pada 8 Oktober, Radeon RX 6000 ‘RDNA 2’ GPU pada 28 Oktober

AMD secara resmi telah mengonfirmasi bahwa mereka akan memperkenalkan CPU Next-gen Ryzen 4000 berbasis Zen 3 architecture dan Radeon RX 6000 graphics cards berbasis RDNA 2 architecture di bulan Oktober mendatang.

AMD telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan memperkenalkan next-generation CPU dan GPU untuk desktop PC segment dalam serangkaian tweet. Dalam tweet tersebut, AMD mengonfirmasi bahwa mereka akan memperkenalkan CPU Desktop Ryzen berbasis Zen 3 dengan codename “Vermeer” pada 8 Oktober diikuti oleh Radeon RX 6000 series graphics berbasis RDNA 2 GPU architecture pada 28 Oktober.

untuk tweet, Radeon RX 6000 series video tidak memberikan banyak informasi tetapi untuk next-gen Ryzen Zen 3 desktop CPUs diberikan beberapa informasi penting. kelihatannya, AMD akan meninjau kembali triple chiplet die yang sama pada prosesor Zen 3-nya yang akan datang dengan dua CCD dengan masing-masing hingga 8 core dan 16 thread dan satu I / O die.

Hal Ini menunjukkan bahwa kita akan sekali lagi melihat 16 cores & 32 threads Sebagai maximum core/thread count pada CPU tetapi dengan clock speed yang jauh lebih cepat dan architecture yang lebih baru yang akan memanfaatkan enhanced 7nm process node.

Baca juga:   Micron Mengungkapkan GDDR6X Memory Untuk NVIDIA GeForce RTX 30 Series

Inilah Semua Yang Kami Ketahui Tentang AMD’s Zen 3 Based Ryzen 4000 ‘Vermeer’ Desktop CPUs

AMD Zen 3 architecture dikatakan sebagai desain CPU terhebat sejak original Zen. Ini adalah chip yang telah sepenuhnya diubah dari group up dan berfokus pada tiga fitur utama di antaranya termasuk significant IPC gains, faster clocks, and higher efficiency.

AMD sejauh ini telah meyakinkan diri mereka sendiri bahwa Zen 3 menghadirkan CPU architecture baru, yang membantu memberikan perolehan IPC yang signifikan, faster clock, dan core counts yang lebih tinggi dari sebelumnya. Beberapa rumor bahkan menunjukkan peningkatan 17% dalam IPC dan peningkatan 50% dalam zen 3 floating-point operations bersama dengan major cache redesign.

CPU juga diperkirakan mendapatkan clock boost hingga 200-300 MHz, yang akan membawa Zen 3 based Ryzen processors mendekati 10th Generation Intel Core offerings. Itu, bersama dengan peningkatan IPC besar-besaran dan perubahan umum pada architecture, akan menghasilkan kinerja yang jauh lebih cepat daripada prosesor Ryzen 3000, yang telah membuat lompatan besar dari prosesor Ryzen 2000 dan Ryzen 1000 sambil menjadi produk evolusioner daripada revolusioner, seperti yang diungkap AMD baru baru ini.

Baca juga:   Solar Ash mendapatkan tanggal rilis dan trailer baru datang ke Epic Games Store pada bulan Oktober

Hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah kita akan melihat kembalichiplet architecture dan AMD akan mempertahankan dukungan pada AM4 socket yang ada. AM4 socket akan bertahan hingga tahun 2020 sehingga kemungkinan Zen 3 based Ryzen 4000 CPUs akan menjadi yang terakhir menggunakan socket ini sebelum AMD menggunakan AM5 yang akan dirancang dengan teknologi masa depan seperti DDR5 dan USB 4.0. AMD’s X670 chipset juga diisyaratkan akan tiba pada akhir tahun ini dan akan menampilkan enhanced PCIe Gen 4.0 support dan peningkatan I / O dalam bentuk lebih banyak M.2, SATA, and USB 3.2 ports.

baru-baru ini dikonfirmasi oleh AMD bahwa Ryzen 4000 Desktop CPU hanya akan didukung oleh 400 & 500-series chipsets sedangkan dukungan 300 –series akan ditinggalkan.

AMD juga baru-baru ini mengonfirmasi bahwa Zen 3 based Ryzen 4000 desktop processors akan menandai kelanjutan dari perjalanan high performance-nya. Zen 3 architecture akan menjadi yang pertama tersedia pada consumer desktop platform dengan peluncuran CPU Vermeer yang akan menggantikan 3rd Gen Ryzen 3000 Matisse CPUs.

Baca juga:   NVIDIA GeForce RTX 30 Ampere Gaming Graphics Cards akan segera Diperkenalkan pada 9 September

Inilah Yang Kami Ketahui Tentang GPU Desktop Radeon RX Navi 2X Berbasis RDNA 2

AMD RDNA 2 based Radeon RX Navi 2x graphics card juga disebut-sebut  4K gaming segment mirip dengan bagaimana Ryzen mengganggu seluruh CPU landscape. Itu adalah klaim yang cukup berani dari AMD sendiri tetapi kebocoran dan rumor menunjukkan bahwa ini mungkin terjadi pada AMD’s next-generation Radeon RX graphics cards.

AMD mengungkapkan bahwa RDNA 2 GPU akan memberikan peningkatan kinerja dari dengan first-gen RDNA GPUs seperti Zen 2 yang dikirimkan melalui Zen 1. GPU RDNA pertama memberikan peningkatan kinerja per watt yang sangat besar sebesar 50% pada GCN architecture dan RDNA 2 GPU diperkirakan melakukan hal yang sama pada RDNA 1, memberikan peningkatan kinerja 50% per watt.

AMD juga telah mengumumkan bahwa GPU RDNA 2 akan menampilkan VRS (Variable Rate Shading) dan  hardware-accelerated ray tracing. AMD mengikuti NVIDIA di sini yang telah menerapkan teknologi tersebut pada Turing GPU based GeForce RTX graphics cards. Dengan peluncuran console baru dari Microsoft dan Sony dalam waktu dekat, AMD akan bekerja untuk menyediakan fitur-fitur ini dengan optimization framework sendiri kepada developer untuk integrasi dalam  next-generation gaming titles.

Beberapa fitur yang bisa diharapkan dari GPU RDNA Navi Generasi ke-2 adalah:

  • Optimized 7nm process node
  • Enthusiast-grade desktop graphics card options
  • Hardware-Level Ray Tracing Support
  • Gabungan dari GDDR6 graphics cards
  • Lebih efisien daya dari First-Gen Navi GPUs

About The Author

Related posts

Leave a Reply