October 18, 2021

  • Instagram

AMD Radeon RX 6000 Series Graphics Cards Pictured, Radeon RX 6900 Dengan Triple-Fan dan Radeon RX 6800 / 6700 Dengan Dual-Fan Cooling

AMD’s Radeon RX 6000 series graphics cards berbasis RDNA 2 architecture telah digambarkan lagi. Kali ini, kita melihat triple-fan dan dual-fan cooling solution yang dirancang untuk AMD’s next-generation Navi 2X lineup of GPUs berfokus pada enthusiast & high-performance gaming segment.

Foto-foto terbaru dikeluarkan oleh JayzTwoCents yang mendapatkannya melalui sumbernya dan membicarakannya di video YouTube terbarunya. Salah satu dari dua cooling shrouds telah diberitahu secara resmi oleh AMD sementara shroud kedua dengan dual-fan cooling solution juga telah digambarkan. Menariknya, dual-fan cooling solution sempat disebut oleh AMD beberapa waktu lalu dalam presentasi investornya.

Jadi mengenai desain kartu dan graphics card mana yang akan menampilkan pendingin ini, Jayz menyatakan bahwa triple-fan cooling solution  akan ditampilkan pada seri Radeon RX 6900 yang akan menampilkan “Big Navi” GPU sementara dual-fan cooling solution akan menjadi bagian dari Radeon RX 6800 atau Radeon 6700 series graphics cards. Radeon RX 6800 / Radeon 6700 series graphics cards akan menampilkan Navi 2X GPU yang berbeda (kemungkinan besar Navi 22) dan akan menargetkan sub $500 US market range.

Baca juga:   NVIDIA RTX 3090 Diduga Akan Menawarkan Peningkatan Kinerja Sebesar 50%

AMD Radeon RX 6900 Series Dengan Triple-Slot Cooling Solution:

untuk desainnya sendiri, Radeon RX 6000 flagship cooling design tampak luar biasa dengan desain merah dan hitam. Kartu ini memiliki fitur triple axial-tech fan setup tiga pada shroud dan memiliki aluminum heatsink berukuran besar yang berjalan di bawahnya. Kartu tersebut memiliki logo Radeon dengan lampu LED di bagian samping dan ada potongan besar di samping agar kipas dapat mengeluarkan udara panas. Desain ini sangat mengingatkan NVIDIA GeForce RTX 20 series Founders Edition cooler. Kartu ini akan menampilkan dual 8-pin power dan displayport akan menyertakan USB Type-C (VirtualLink), 1 HDMI, and 2 DisplayPort connectors.

Kartu ini juga dilengkapi backplate mewah bersama dengan  retention bracket untuk menahan cooler di tempatnya. Radeon RX “Big Navi” GPU sepertinya akan datang dalam standard 2-slot reference design yang sama dengan flagship NVIDIA RTX 3080 tetapi tidak sebesar triple-slot GeForce RTX 3090.

Baca juga:   Pre-Order PlayStation 5 Muncul di Situs Belanja Online, Harganya?

AMD Radeon RX 6800/6700 Series Dengan Dual-Slot Cooling Solution:

Berpindah ke varian kedua, dual-slot card memiliki desain yang mirip dengan  triple-slot offering tetapi dengan faktor bentuk yang sedikit compact. Shroud ini dikatakan dirancang untuk AMD Radeon RX 6800 atau Radeon RX 6700 series cards. Kartu ini memiliki fitur dual axial-tech fan design dan memiliki logo “R” besar di tengah dan juga pada kipas yang mewakili merek Radeon.

Kartu ini juga dilengkapi logo Radeon dengan lampu LED di bagian samping dan memiliki potongan besar untuk mengeluarkan panas dari aluminium heatsink. Ada dua 8-pin power connectors pada kartu tetapi kami juga dapat melihat 8 + 6 or configurations untuk varian daya yang lebih dioptimalkan. Kartu ini juga dilengkapi dengan dual-slot form factor dan harusnya menampilkan I / O yang serupa dengan Big Navi graphics card.

Baca juga:   NVIDIA GeForce RTX 3060 3DMark & Superposition Synthetic Benchmarks Bocor

Sudah diperkirakan cooler ini seharusnya menampung Navi 22 GPU yang sedikit lebih kecil tetapi masih lebih besar dibandingkan dengan AMD Navi 10 (RDNA 1) GPU untuk Radeon RX 5700 series graphics cards. Kemungkinan besar PCB yang bocor beberapa hari lalu adalah milik Navi 22 based graphics card.

AMD Radeon RX 6000 Series RDNA 2 GPU Akan Menampilkan AV1 Decoding

Dalam berita tambahan, Videocardz menemukan bahwa AMD telah menambahkan dukungan untuk VCN 3.0 AV1 register ke patch Linux terbaru. GeForce RTX 30 series yang akan segera diluncurkan NVIDIA dikonfirmasi untuk menampilkan dfully hardware-accelerated AV1 decoders sementara Intel Xe GPU juga dilengkapi dengan AV1 decode support. AV1 menawarkan efisiensi bitrate hingga 50% lebih tinggi dibandingkan H264 & efisiensi 30% lebih tinggi dibandingkan VP9 and HEVC decoding formats.

About The Author

Related posts

Leave a Reply