April 11, 2021

  • Instagram

AMD Big Navi “Navi 21” GPU Untuk Flagship Radeon R9 6900 XT Graphics Card, Massive Die & GDDR6 Memory

Gambar yang diduga dari AMD Big Navi “Navi 21” GPU yang akan memberi daya pada next-generation flagship, Radeon RX 6900 XT, graphics card telah dibocorkan oleh Coreteks. Didukung oleh RDNA2 architecture, AMD Big Navi GPU terlihat berukuran besar jika dibandingkan dengan AMD flagship GPU sebelumnya.

Coreteks telah menghapus semua referensi dan label di atas GPU die untuk menutupi sumbernya tetapi dia menyatakan bahwa GPU yang kita lihat memang Big Navi “Navi 21” GPU yang akan ditampilkan pada flagship Radeon RX 6900 XT graphics card. GPU tampaknya cukup besar & dikatakan berukuran sekitar 536mm2 dan ukuran final die bisa lebih tinggi atau lebih rendah. Ukuran die juga tampaknya mendekati rumor sebelumnya yang menyebutkan 505mm2 die size untuk flagship GPU-nya.

Salah satu aspek kunci dari kebocoran ini adalah menunjukkan dugaan Navi 21 GPU dalam paket die yang cukup standar. Ini akan menunjukkan GDDR6 based memory configuration daripada HBM2 (e) seperti yang ditunjukkan banyak kebocoran dulu. Masih ada beberapa spekulasi bahwa Navi 21 XT dan XL dies akan menampilkan konfigurasi GDDR6 standar sementara Navi 21 XTX die akan menggunakan sub-sistem HBM2 (e) untuk memory tetapi itu adalah spekulasi dan belum dikonfirmasi.

Kebocoran baru-baru ini bersama dengan gambar PCB yang bocor menunjukkan bahwa kartu tersebut akan menampilkan memori GDDR6 sebesar 16 GB di 256-bit bus interface. Perhatikan bahwa VRAM 16 GB juga memungkinkan dengan 512-bit interface sehingga AMD juga terbuka untuk opsi itu ketika spesifikasi akhir dirilis.

Perbandingan AMD Navi 21 (RDNA 2) vs Navi 10 (RDNA 1 ) GPU Die:

AMD Radeon RX 6900 Series Dengan Triple-Slot Cooling Solution:

Sedangkan untuk desainnya sendiri, Radeon RX 6000 flagship cooling design tampak luar biasa dengan desain merah dan hitam. Kartu ini memiliki pengaturan triple axial-tech fan setup pada shroud dan memiliki aluminium heatsink besar yang berjalan di bawahnya. Kartu tersebut memiliki logo Radeon dengan lampu LED di bagian samping dan ada cut out besar di samping untuk kipas agar dapat mengeluarkan udara panas. Desain ini sangat mirip pada NVIDIA GeForce RTX 20 series Founders Edition cooler. Kartu ini akan menampilkan dual 8-pin power dan display port akan menyertakan USB Type-C (VirtualLink),1 HDMI, dan 2 DisplayPort connectors.

About The Author

Related posts

Leave a Reply