April 18, 2021

  • Instagram

Intel Rocket Lake CPUs Kemungkinan Hadir Pada Maret 2021

Menurut Videocardz, Intel menargetkan Maret 2021 sebagai tanggal peluncuran next-generation Rocket Lake S desktop processors. Meskipun ada rumor bahwa Rocket Lake sebelumnya menargetkan CES 2021 sebagai tempat peluncuran, sekarang tampaknya minggu ke 10 tahun 2021 (atau Maret) sekarang adalah tanggal peluncuran yang sebenarnya. next-generation platform menampilkan Willow Cove cores yang telah dirubah sepenuhnya dan akan mempertahankan dukungan untuk LGA1200 socket dalam gerakan yang akan mengejutkan para gamer.

RKL-S didasarkan pada 14nm process, tetapi tidak seperti generasi sebelumnya, RKL-S akan menampilkan architecture yang diperbarui (Willow Cove), PCIe 4.0 support, dan Xe graphics. Anggap saja sebagai backport dari architecture canggih yang disediakan untuk 10nm hingga 14nm sehingga perusahaan dapat memanfaatkan kapasitas foundry secara maksimal. Karena ini didasarkan pada 14nm process, benchmark yang bocor (Geekbench via _rogame) menunjukkan bahwa ia akan dapat meningkatkan hingga 5,0 GHz memungkinkan untuk yang terbaik dari situasi di mana sebuah architecture baru dapat mulai beroperasi (berbicara dari perspektif clock speed) karena highly mature node.

Backporting biasanya merupakan pedang bermata dua karena jika 10nm tidak mampu bersaing dalam hal power efficiency gains, hilangnya clock speed dari perpindahan ke 10nm process (saat itu terjadi) dapat mengakibatkan penurunan kinerja dari bar yang diatur Rocket Lake saat diluncurkan. Sementara itu, bagaimanapun, ini adalah kabar baik bagi para enthusiast karena RKL akan menjadi architecture besar terbaru pertama dalam waktu yang sangat lama. benchmark awal platform terlihat di Geekbench dan diharapkan datang ke pasar sekitar akhir 2020 atau mungkin pada awal 2021.

5.0 GHz boost clock yang dikombinasikan dengan major architecture baru seharusnya menawarkan kombinasi terbaik untuk peningkatan kinerja bagi pelanggan Intel dalam waktu yang sangat lama dan saya pribadi sangat bersemangat untuk melihat bagaimana kinerjanya. Backporting juga bisa menjadi penyelamat Intel karena salah langkah pada 10nm dan sekarang lagi pada 7nm.

Intel juga berencana meluncurkan gelombang baru dari 500-series motherboards, seperti Z590 atau B560. Pembuat motherboard memiliki spesifikasi 500-chipset untuk saat ini, tetapi baru-baru ini telah ada perubahan juga. Intel diduga menambahkan dukungan overclocking memory ke B560 series, saat ini fitur eksklusif untuk seri Zx70 / x90.

Intel Rocket Lake-S akan menampilkan core architecture baru (dikabarkan Cypress Cove) dan  Intel Xe Gen12 graphics (Xe-LP). Seri ini dianggap sebagai peningkatan fitur Comet Lake, dengan dukungan PCIe 4.0 untuk graphics dan penyimpanan – keduanya berkembang pesat di pasar Gen4.

Menariknya, seri ini akan berada pada konfigurasi 8-core / 16-thread dengan TDP pada 125W. CPU LGA1200 (i9-10900K) andalan saat ini memiliki fitur 10-core dan 20 thread.

Intel Rocket Lake-S kemungkinan akan bersaing dengan AMD Ryzen 5000 (Zen3) series processors yang akan segera diumumkan

About The Author

Related posts

Leave a Reply