August 02, 2021

  • Instagram

Intel Desktop Roadmap Sampai Q2 2021 Bocor – Tidak Ada Pembaruan HEDT Hingga 2H 2021, RKL-S Pada Pertengahan Maret

HDTechnologia (melalui Videocardz) baru saja membocorkan roadmap untuk motherboard Intel hingga Juni 2021. Beberapa informasi penting termasuk Rocket Lake S yang pada dasarnya dikonfirmasi untuk peluncuran Maret 2021 dan tidak ada pembaruan HEDT hingga Juni 2021.

Fakta bahwa tidak ada pembaruan HEDT hingga Juni 2021 dari Intel sebenarnya cocok dengan kebocoran yang baru-baru ini keluar. Jika Rocket Lake akan tiba pada Maret 2021, maka HEDT akan tiba sekitar Q3 2020. Intel’s HEDT lineup selalu memperbarui satu periode lebih lama dari mainstream desktop sehingga kita akan melihat peningkatan HEDT yang telah kita tunggu-tunggu di akhir 2021.

Sisi Intel HEDT saat ini masih menggunakan architecture generasi lama dan Willow Cove (yang pada dasarnya adalah backport 10nm + ) akan mewakili peningkatan kinerja yang substansial tanpa mengorbankan clock speed. Bahkan mungkin saja Intel memutuskan untuk melewati RKL pada HEDT dan pindah langsung ke 10nm – yang akan luar biasa bagi semua orang yang berkepentingan.

Baca juga:   Benchmark CPU Gaming Intel Rocket Lake Core i7-11700K vs Core i9-10900K Bocor

Jika Anda melihat roadmapnya, X299 bar memanjang selama 8 bulan ke depan – yang berarti Intel akan meluncurkan Next-Gen dari HEDT pada socket dan platform yang sama (sepertinya tidak mungkin) atau kita tidak mendapatkan update hingga 2H 2021 (kelihatannya mungkin). 500 series motherboards (yang akan menandai dimulainya era Rocket Lake S) akan datang sekitar pertengahan Maret tahun 2021. Z590 gaming flagship dan H570, B580 dan H510 motherboard akan sampai pada waktu itu juga. Ini bertepatan dengan apa yang telah kita dengar tentang Rocket Lake S timeframe. Menariknya, motherboard W580 dan Q470 akan datang beberapa saat nanti pada pertengahan April.

Ini juga berfungsi sebagai konfirmasi sekunder untuk Rocket Lake S berada pada 14nm process (dan juga konfirmasi backport) karena Anda dapat melihat process node yang diberikan dalam brackets bersama dengan motherboard juga. Untuk lebih jelasnya, ini mungkin mengacu pada chipset dan bukan processornya (meskipun node biasanya sama untuk keduanya). Sumber tersebut juga menyatakan bahwa AMD tidak mengerjakan motherboard baru untuk Zen 3 dan melainkan akan bekerja pada Refresh. Jika ini benar maka itu berarti AMD tidak akan memperkenalkan DDR5 hingga Zen 4. Jika Alder Lake memang memiliki DDR5 support maka ini berarti ada kemungkinan kecil Intel mungkin benar-benar mengalahkan AMD untuk DDR5 dan PCIe 5.0 support.

Baca juga:   Kit Rasberry-pi 4 Saat Ini Seharga $ 75

Dengan NVIDIA high-end GPUs yang juga kehabisan stok dan diperkirakan tidak akan dikirimkan dalam volume hingga awal 2021, sepertinya tahun depan akan menjadi tahun untuk peningkatan – baik di sisi CPU dan sisi GPU.

About The Author

Related posts

Leave a Reply