October 19, 2020

AMD Mulai Meluncurkan Zen 3 Support Ke 500 Series Motherboards Seperti Yang Dijanjikan

AMD berjanji akan memberikan dukungan luas untuk next-generation Zen3 processorsnya ke 500-series motherboards. Perusahaan sejauh ini belum mengonfirmasi apakah ada rencana untuk meluncurkan 600-series motherboards, tetapi ada keyakinan kuat bahwa 500 series mungkin adalah seri terakhir AM4.

AMD mengonfirmasi bahwa Zen3 Support akan datang untuk select 400 series motherboard. Hal ini tentunya merupakan efek dari pengumuman awal AMD bahwa 400 series tidak akan mendapatkan Zen3. support Kemarahan publik dan kebingungan mengapa motherboard B450 yang baru berumur beberapa bulan tidak dapat mendukung next-gen CPUs telah menyebabkan AMD mengubah keputusannya.

Minggu ini AMD mengonfirmasi bahwa Zen3 support pada 400 series akan tiba dengan Beta firmware sekitar Januari 2021. Pembuat motherboard telah mengkonfirmasi bahwa mereka siap untuk mendukung CPU Zen3 dan mereka hanya menunggu BIOS yang sesuai. Karenanya, kami percaya bahwa AMD secara artifisial membatasi dukungan dan delay tidak diperlukan.

Sementara itu, editor dari ComputerBase sibuk mengumpulkan data dari setiap major motherboard maker terkait AGESA update untuk Zen3 pada 500-series motherboards. Zen3 Support hadir dengan AGESA Combo-AM4 v2 1.0.8.x firmware dan tampaknya sebagian besar motherboard sudah memiliki BIOS opsional dengan Zen3 sudah tersedia (setidaknya v1.0.8.x). Beberapa brand, seperti MSI melangkah lebih jauh dan menjanjikan pembaruan v1.1.0.0 pada akhir Oktober.

Penundaan dengan AGESA upgrade untuk 400-series menempatkan pembuat motherboard pada posisi yang canggung di mana high-end X470 series tidak mendukung Zen3, sedangkan  entry-level A520 series sudah mendukung next-generation Ryzen 9 processors. Mudah-mudahan, AMD akan mempercepat proses pengembangan firmware dan memungkinkan pembuat motherboard memastikan kompatibilitas untuk setiap motherboard mereka sendiri.

About The Author

Related posts

Leave a Reply