October 19, 2020

Intel Rocket Lake-S PCIe 4.0 performance diuji pada motherboard Z490

Saat kita mempelajari lebih lanjut tentang Rocket Lake-S, seri Intel 11th Gen Core yang akan datang untuk desktop, semakin banyak kebocoran mulai muncul. Tak lama setelah pengungkapan bahwa Intel Rocket Lake saat ini direncanakan untuk Q1 2021, Intel official mengonfirmasi fakta ini di blog resminya.

11th Gen core series akan menampilkan 14nm core design baru dari Intel (rumornya adalah Willow / Cypress Cove) dan integrated Xe-LP graphics. Keduanya mewakili transformasi besar untuk Skylake architecture Intel yang sekarang sudah ketinggalan zaman. Seri ini juga akan menjadi yang pertama mendukung perangkat PCI Express 4.0, standar interface  yang telah tersedia untuk platform AMD 400 dan 500-series sejak lama.

Leaker Taiwan diduga memiliki akses ke salah satu ‘next-generation’ CPUs dan mereka segera mengujinya pada motherboard Z490. Motherboard manufacturers sangat ingin memastikan bahwa motherboard LGA1200 pertama mereka sudah hardware-ready untuk standar PCIe baru.

Dua screenshot diposting oleh ITCooker, yang menampilkan Seagate FireCuda 520 PCIe 4.0 SSD dan AMD Radeon RX 5700XT graphics card. Keduanya dikenali sebagai PCIe 4.0-capable devices oleh Crystal Disk Mark 8 untuk SSD dan GPU-Z untuk graphics card.

5 GB/s sequential (Q8T1) read dan 4,2 GB / s write performance dilaporkan oleh CristalDiskMark. Throughput seperti itu hanya tersedia melalui PCIe 4.0 interface. GPU telah di stress tested  dengan Furmark, di mana GPU-Z melaporkan antaPCIe  x16 4.0 @ x16 4.0 active bus interface. Ini mengonfirmasi bahwa SSD dan GPU menggunakan standar Gen4.

ITCooker:

INTEL Next Generation CPU dapat menggunakan Z490 line PCIE 4.0
Untungnya, beberapa teman dari Taiwan meminjamkan PCIE 4.0 SSD untuk pengujian
AMD 5700 XT digunakan untuk PCIE 4.0 tetapi CPUZ tidak dapat membaca memori
Setelah itu, saya akan memiliki kesempatan untuk menguji super frequency itu lagi

About The Author

Related posts

Leave a Reply