October 19, 2020

Intel baru saja mengungkapkan processor baru untuk mengalahkan AMD Ryzen di budget gaming PCs

Intel Core i3-10100F adalah hal baru pada Comet Lake processor yang baru saja terlihat online, dan akan segera membuat pilihan yang menarik untuk budget gaming PC.

CPU baru saja terdaftar di database Intel’s Ark product dengan tanggal peluncuran pada Q4, tetapi chip tersebut belum mengumumkan apapun tentang processor atau kapan itu mungkin akan sampai di toko.

Seperti yang ditemukan oleh Tom’s Hardware, ini adalah quad-core (delapan-thread) processor dengan base clock 3,6GHz dan di boost menjadi 4,3GHz, dan akan dijual antara $ 79 dan $ 97, menawarkan value yang sangat baik dalam hal harga / kinerja untuk gaming PC yang terjangkau. Dengan 65W TDP, juga mudah untuk menjaga CPU tetap dingin.

Saat ini, pendahulunya Core i3-9100F dijual dengan harga tidak lebih dari $ 70 – terlebih lagi dengan produk baru ini yang membawa peningkatan Comet Lake architecture

Perlu diingat bahwa akhiran ‘F’ berarti ini adalah versi Core i3-10100 yang sudah ada tanpa integrated graphics, dan itulah alasan mengapa harganya sangat murah. Namun, siapa pun yang akan membuat build PC game akan menginginkan discrete graphics card, dan CPU ini akan berjalan dengan baik dengan budget GPU (atau bahkan sesuatu yang sedikit lebih kuat).

Semua mata mungkin tertuju pada AMD Ryzen 5000 processor saat ini, next-gen Zen 3 chips yang akan diluncurkan pada 5 November, tetapi Intel dapat diam-diam mengukir jumlah penjualan yang mengesankan di low-end dengan 10100F.

Processor ini menawarkan spesifikasi yang mirip dengan Ryzen 3 3300X (TDP 65W, no integrated graphics), meskipun dengan base clock yang sedikit lebih lambat (dengan 200MHz, tetapi boostnya sama) dan lebih sedikit cache on-board, chip Ryzen dijual dengan harga $ 120.

Sementara Ryzen 3 3300X tersedia untuk waktu yang singkat setelah diluncurkan, stoknya telah habis di mana-mana selama sekitar lima bulan. Masih harus dilihat apakah Core i3-10100F dapat menyamai Ryzen 3 3300X dalam performa gaming. Jika ya, Intel memiliki pemenang yang pasti di tangannya jika chipmaker dapat menyediakan supply yang cukup.

About The Author

Related posts

Leave a Reply