December 06, 2020

AMD Radeon RX 6000 “Big Navi GPU” Graphics Card PCB Bocor – Dilengkapi Dual 8-Pin Connectors, 256-bit Bus & VirtualLink Port

PCB dari AMD’s Radeon RX 6000 “Big Navi” graphics card yang akan datang telah bocor yang mengkonfirmasi beberapa laporan terbaru yang telah kami dengar. Gambar tersebut dibocorkan oleh pengguna Twitter, EB-18, & menunjukkan apa yang tampak seperti engineering board yang menampilkan RDNA 2 powered Big Navi GPU.

Dibandingkan dengan engineering board yang pernah bocor sebelumnya, Radeon RX 6000 series graphics card PCB terbaru memberi kita tampilan yang lebih baik tentang apa yang dapat diharapkan dari produk sekelas AMD’s Big Navi “Navi 21”. Itu masih akan didasarkan pada engineering board sehingga desain akhir bisa sangat berbeda dari yang kita lihat di sini.

Jadi Masuk ke spesifikasi PCB, GPU telah dihitamkan karena alasan yang tidak diketahui tetapi ada bagian menarik lainnya untuk difokuskan. engineering board memiliki 16 phase delivery dan dua konektor daya (8-Pin). VRM ditampilkan di bawah dua aluminum fin-based heatsinks besar yang pasti tidak akan disertakan dalam desain akhir. Kartu ini dilengkapi dengan setidaknya empat display outputs yang mencakup dua DisplayPort, single HDMI port, dan konektor USB Type-C VirtualLink yang merupakan sesuatu yang diindikasikan oleh rumor sebelumnya.

Ada juga BIOS switch yang bisa dilihat di bagian atas PCB. Ini bisa berupa reference engineering board atau custom AIB developed engineering board. Dugaan saya adalah bahwa AIB telah mulai mengevaluasi desain custom board dan ini adalah salah satu contoh pertama yang kita lihat. Di sekeliling GPU ada 8 tempat untuk GDDR6 memory. Ini mewakili  256-bit bus interface.

Selain kebocoran PCB, CapFrameX juga telah melaporkan bahwa AMD’s Big Navi GPU “Navi 21” mencetak skor 11.500 poin dalam benchmark 3DMark Firestrike Ultra. Tidak ada rincian SKU Big Navi mana yang dirujuk karena ada tiga varian, XL, XT, dan XTX. Terlepas dari itu, skor GPU yang tinggi menempatkan Big Navi GPU sekitar 8,5% lebih cepat daripada GeForce RTX 3080 yang sangat mengesankan. Jika angka-angka ini untuk kartu referensi dan varian “XT” maka tidak ada keraguan bahwa AMD akan fokus untuk mencuri mahkota kinerja bahkan dari NVIDIA’s flagship graphics offering, GeForce RTX 3090.

AMD secara resmi akan meluncurkan RX 6000 series graphics card pada 28 Oktober. Paruh kedua tahun 2020 pasti akan menjadi waktu yang menarik bagi semua penggemar hardware dan mainstream PC gamers yang berharap untuk meningkatkan PC mereka dengan hardware terbaik.

About The Author

Related posts

Leave a Reply