August 02, 2021

  • Instagram

Detail Intel Rocket Lake Secara Resmi Dibuka: Berbasis Cypress Cove Cores yang di Backport dari Ice Lake

Intel telah memutuskan untuk mengungkapkan beberapa detail tambahan tentang Rocket Lake processor yang akan datang dan salah satu perbedaan utama antara bocoran dan kenyataan adalah nyatanya bahwa Intel sebenarnya menampilkan Cypress Cove cores – berdasarkan Ice Lake – bukan Willow Cove.

Intel Rocket Lake processor akan memiliki hingga 8 core dan menampilkan integrated graphics power 50% lebih banyak. RKL-S didasarkan pada 14nm process, tetapi tidak seperti generasi sebelumnya, RKL-S akan menampilkan architecture yang diperbarui berdasarkan Sunny Cove (Ice Lake) architecture yang disebut Cypress Cove. Ini pada dasarnya adalah backport dari 10nm (non-SuperFin) menjadi 14nm. Dukungan PCIe 4.0 dan Xe 12 generation graphics telah ditambahkan juga.

Karena didasarkan pada 14nm process, benchmarks yang bocor menunjukkan bahwa ia akan dapat meningkatkan hingga 5,0 GHz (yang khas untuk process saat ini) di mana architecture baru mampu mulai beroperasi (berbicara dari perspektif clock speed) karena node yang lebih sempurna.

Rocket Lake S akan menampilkan  20 CPU based PCIe 4.0 lanes (4 lebih banyak dari generasi sebelumnya) menjadikannya architecture Intel mainstream pertama yang mendukung standar PCIe 4.0 dan sesuatu yang sangat kurang dari perusahaan perusahaan saat ini. Ini menampilkan Deep Learning Boost dan VNNI support baru yang seharusnya memberikan peningkatan kecepatan yang signifikan untuk AI-related workflows. Rocket Lake juga dilengkapi dengan USB 3.2 Gen 2×2 standard baru untuk kecepatan USB yang sangat cepat dan memiliki Xe graphics iGPU Intel generasi ke-12 – yang tidak perlu diragukan lagi. Xe Graphics memperkenalkan dukungan untuk dekoder high-end video seperti 4: 4: 4 HEVC dan VP9 sekaligus memungkinkan display resolution hingga 3x 4k60. integrated memory controller sekarang meningkatkan kecepatan hingga DDR4-3200 tanpa overclocking apa pun.

Baca juga:   Phantasy Star Online 2 New Genesis akan diluncurkan seminggu dari hari ini

Ini adalah kabar baik bagi para enthusiast karena RKL akan menjadi architecture besar pertama dalam waktu yang sangat lama. Namun, fakta bahwa ini didasarkan pada Cypress Cove daripada Willow Cove kemungkinan besar berarti bahwa kita tidak akan melihat 25% + IPC yang kami harapkan meskipun Intel telah mengonfirmasi bahwa itu * akan * menjadi double-digit. 5,0 GHz boost clock yang dikombinasikan dengan architecture baru yang besar seharusnya menawarkan kombinasi terbaik untuk peningkatan kinerja bagi pelanggan Intel dalam waktu yang sangat lama.

Press release lengkap bisa dibaca di bawah ini:

Apa yang baru:  Awal tahun ini, Intel membuat desktop PC menjadi lebih baik dengan 10th Gen Intel® Core™ S-series processors, dengan headline Intel Core i9-10900K. Pada kuartal pertama 2021, 11th Gen Intel Core S-series desktop processors (code-named Rocket Lake-S) akan menghadirkan kinerja yang lebih baik lagi bagi para gamer dan PC. Enthusiast

Baca juga:   Intel Core i9-11900K Dioverclock Hingga Lebih Dari 7,3 GHz Pada Gigabyte Z590 AORUS TACHYON

Dirancang secara cerdas untuk kinerja desktop, Rocket Lake memanfaatkan perubahan microarchitecture dan kemajuan IPC untuk menghadirkan peningkatan raw performance, dari generasi ke generasi.

Tentang Architecture: 11th Gen Intel Core S-series desktop processor akan memperkenalkan architecture desktop baru, yang disebut Cypress Cove, yang dirancang untuk mengubah efisiensi hardware dan software serta meningkatkan kinerja. Ini akan memungkinkan peningkatan persentase kinerja IPC hingga dua digit (gen over gen) dan menghadirkan enhanced Intel® UHD™ graphics yang menampilkan Intel® Xe Graphics architecture.

Mengapa Frekuensi dan IPC (Instructions Per Clock) Penting: Game dan sebagian besar aplikasi terus bergantung pada core frekuensi tinggi untuk mendorong frame rates tinggi dan latency lebih rendah. Selain itu, jumlah IPC meningkatkan kinerja yang diberikan frekuensi dengan menjalankan lebih banyak instruksi. Intel terus mendorong batas kinerja dengan IPC gains dan frekuensi yang diperlukan untuk bermain game, pembuatan content, dan multitasking.

Baca juga:   AMD AGESA 1.2.0.1 Patch A BIOS Firmware Mulai Dikeluarkan Untuk Motherboard X570 & B550

Dioptimalkan untuk Gaming: Beberapa fitur baru yang diperkenalkan dengan 11th Gen Intel Core S-Series meliputi:

  • Cypress Cove architecture yang baru menampilkan Ice Lake Core architecture dan Tiger Lake Graphics architecture.
  • Peningkatan Double-digit percentage IPC performance
  • Performa gen-over-gen yang lebih baik.
  • Hingga 20 CPU PCIe 4.0 lanes untuk lebih banyak fleksibilitas konfigurasi.
  • Enhanced Intel UHD graphics dengan Intel Xe Graphics architecture.
  • Intel® Quick Sync Video, menawarkan transcoding video yang lebih baik dan akselerasi hardware untuk codec terbaru.
  • Fitur overclocking baru untuk tuning performance yang lebih fleksibel.
  • Intel® Deep Learning Boost dan VNNI support​.

About The Author

Related posts

Leave a Reply