July 30, 2021

  • Instagram

AMD Menjanjikan Peningkatan Performance Per Watt Dengan Next-Gen RDNA 3 Radeon RX GPUs

AMD telah menegaskan kembali bahwa mereka berkomitmen untuk menawarkan peningkatan graphics performance per watt yang mereka berikan dalam RDNA 2 GPU lineup untuk next-gen RDNA 3 GPU powered Radeon RX graphics lineup. Hal ini banyak diungkapkan oleh Executive Vice President AMD, Rick Bergman, yang berbicara dengan The Street mengenai produk generasi berikutnya termasuk Zen 4 CPU & RDNA 3 GPU.

Selama wawancara, Rick berbicara tentang RDNA 2 generasi saat ini & GPU RDNA 3 generasi berikutnya. Untuk RDNA 3, AMD mengatakan bahwa mereka akan memanfaatkan  process nodes yang lebih maju dan menggunakan Infinity Cache dengan cara yang lebih efisien untuk memungkinkan perolehan serupa yang kami lihat saat berpindah dari RDNA 1 ke RDNA 2. Menurut klaim AMD, RDNA 2 based Radeon RX GPUs memberikan peningkatan 50% perf per watt dibandingkan pendahulunya dan AMD menjanjikan kita untuk mengharapkan gains yang sama dengan RDNA GPU architecture generasi ketiga.

Dalam wawancara dengan Wakil Presiden Eksekutif AMD, Rick Bergman, yang dilakukan oleh The Street, dia ditanyai tentang apakah performance-per-watt yang serupa dapat diharapkan dengan RDNA 3 (yang akan menjadi kartu Navi generasi ketiga AMD).

Dia menjawab: “Mari kita mundur sedikit dan berbicara tentang manfaat … Jadi mengapa kita menargetkan, dengan cukup agresif, performance per watt [untuk] RDNA 2 [GPU] kita. Dan ya, kami memiliki komitmen yang sama pada RDNA 3.

Baca juga:   Beli Produk Kartu Grafis AMD Radeon™, Dapatkan Bonus Game Kekinian!

“Ini sangat penting dalam banyak hal, karena jika daya Anda terlalu tinggi – seperti yang telah kita lihat dari pesaing kita – tiba-tiba calon pengguna kita harus membeli power supplies yang lebih besar, cooling solutions yang sangat canggih. Dan dalam banyak hal, sangat penting, ini benar-benar menaikkan [bill of material] board secara substansial. Ini adalah perspektif desktop. ”

Bergman melanjutkan: “Jadi [ada] sebenarnya banyak efisiensi … jika Anda dapat meningkatkan perf-per-watt Anda secara substansial. Di sisi notebook, itu tentu saja lebih jelas, karena Anda berada di ruang yang sangat terbatas, Anda dapat membawa kinerja lebih ke platform itu lagi tanpa beberapa cooling solution eksotis … Kami fokus dalam hal ini pada RDNA 2. Ini adalah fokus besar pada RDNA 3 juga. “

“Di Infinity Cache, hal ini agak terkait dengan itu juga, sampai tingkat tertentu. Jika Anda sudah lama berada di dunia graphics, Anda menyadari ada korelasi yang cukup baik antara memory bandwidth dan performance. Dan biasanya, cara Anda lakukan itu dengan mendongkrak memory speed Anda dan memperluas [memory] bus Anda untuk membuka performance. Sayangnya, kedua hal itu meningkatkan (konsumsi) daya “.

AMD EVP, Rick Bergman, via The Street

Baca juga:   Intel Rocket Lake Iris Xe GPU Benchmark dalam 3DMark Time Spy

Kami hanya tahu sedikit tentang RDNA 3 saat ini, tetapi kami tahu bahwa ini akan didasarkan pada process node yang lebih maju sehingga kami dapat mengharapkan 7nm EUV atau 5nm. Detail menarik lainnya adalah AMD berkomitmen untuk meningkatkan perolehan perf per watt dibandingkan NVIDIA. Ini adalah filosofi yang sama yang mendorong AMD kembali ke posisi teratas versus Intel di bagian desktop dan jika mereka berhasil, maka NVIDIA juga akan mendapatkan persaingan yang panas di masa depan.

Untuk Zen 4, Rick mengakui bahwa sama seperti RDNA 3, next-gen CPU architecture akan menggunakan 5nm process node sepenuhnya, tetapi juga akan dibawa oleh branch prediction unit yang ditingkatkan, subsistem cache, sejumlah gates, core count meningkat, clock speed dan IPC gains keseluruhan dari improvement architecture. AMD’s next-gen Ryzen CPUs berdasarkan Zen 4 architecture akan menjadi yang pertama yang memiliki dukungan fitur pada AM5 socket dan diharapkan untuk mengimplementasi DDR5 memory bersama dengan peningkatan di seluruh board ke CPU dan platform itu sendiri juga.

Mengenai produk mana yang akan pertama kali dipasarkan dengan 5nm process, Rick mengatakan bahwa itu masih perlu dievaluasi tetapi Zen (4) memperoleh lebih banyak dengan process node baru karena membantu IPC dan peningkatan frequency gains yang lebih besar. Ini mungkin juga mengisyaratkan bahwa RDNA 3 GPUs dapat menggunakan 5nm daripada  enhanced 7nm nodes.

Baca juga:   Intel Resmi Luncurkan Core Generasi ke-10 Comet Lake S di Dunia

Akhirnya dan yang paling penting, Rick mengungkapkan bahwa AMD menargetkan 1440p sebagai resolusi standar untuk raytracing solutionnya. AMD sendiri belum banyak mengungkapkan tentang raytracing graphics performance dari ray-accelerator core powered Radeon RX lineup yang akan mencakup Radeon RX 6900 XT, RX 6800 XT & RX 6800 graphics card tetapi setidaknya kita mendapatkan gambaran kira kira kemana harus mengharapkan Radeon GPUs akan datang.

AMD telah berjanji akan mendukung raytracing di semua game yang didasarkan pada Microsoft DXR & Vulkan raytracing APIs

Rick juga menyebutkan tentang pesaing AMD untuk DLSS NVIDIA dan sepertinya dia tidak memiliki lebih banyak detail untuk dibagikan daripada yang sudah diketahui kecuali fakta bahwa itu akan dikenal sebagai FSR atau FidelityFX Super Resolution.

Kami hanya melihat hasil bocoran dari satu judul raytracing untuk Radeon RX 6800 graphics card sejauh ini, tetapi untuk pengguna yang menunggu ulasan kinerja, kita dapat mengharapkannya dalam beberapa hari karena peluncurannya hanya seminggu lagi. Secara keseluruhan, semua ini terdengar luar biasa untuk next-generation products dari AMD dan kami tidak sabar untuk melihat sub 7nm products yang akan mereka tawarkan di masa depan.

About The Author

Related posts

Leave a Reply