September 26, 2021

  • Instagram

Intel Mengklaim 32 Core Ice Lake-SP Xeon Mengalahkan 64 Core AMD EPYC ‘Rome’ CPU Hingga 30%

Intel telah merilis angka kinerja baru dari Ice Lake-SP Xeon Platinum CPUs, membandingkannya dengan AMD’s 2nd Generation EPYC Rome CPUs. Menurut Intel, CPU Ice Lake Xeon dengan core architecture yang diperbarui akan menghasilkan peningkatan IPC sebesar 18% dari CPU Cascade Lake Xeon generasi sebelumnya, yang memungkinkan mereka untuk bersaing dengan penawaran high-core count CPU milik AMD.

Dalam presentasi SC20, Intel meyakinkan mitra dan pelanggannya bahwa Ice Lake-SP Xeon CPUs (3rd Gen Scalable Processor Family) berada di jalur untuk peningkatan volume pada Q1 2021 diikuti dengan peluncuran resmi sekitar pertengahan 2021. Generasi Intel Ice Lake-SP dari Xeon CPUs akan menggunakan 10nm process node bersama dengan microarchitecture baru dan platform baru untuk mendukung peningkatan bandwidth memori.

Kita tahu bahwa Ice Lake-SP Xeon CPUs akan menggunakan Sunny Cove core architecture yang menawarkan peningkatan IPC 18% dari Skylake sehingga berdasarkan itu, Intel mengklaim bahwa mereka ingin memberikan performance per core yang lebih baik, lebih banyak memory channels untuk peningkatan bandwidth. , full PCIe Gen 4.0 support dan dukungan memori hingga 6 TB per socket (Intel Optane PMem).

Baca juga:   Intel 3rd Gen Ice Lake-SP Xeon Platinum 8352S & 8352Y 32 Core CPU Benchmarks Bocor

Mengenai performance benchmarks dibandingkan dengan AMD’s 64 Core EPYC 7742 CPU, Intel mengklaim bahwa 32 core Ice Lake-SP Xeon CPU dapat memberikan kinerja hingga 30% lebih cepat dalam key life sciences dan FSI workloads. Kinerja tersebut diukur dalam NAMD STMV, Monet Carlo, dan LAMMPS. Intel Xeon Ice Lake-SP CPU dikonfigurasi dengan 32 core dan 64 core per socket. Proses sebenarnya menggunakan dua Ice Lake-SP Xeon CPUs untuk total 64 core dan 128 thread dibandingkan dua AMD EPYC 7742 Rome CPUs dengan total 128 core dan 256 thread.

Platform Intel berjalan pada clock 2,2 GHz dan memiliki total 256 GB dari DDR4-3200 MHz memory sementara AMD EPYC platform juga dikonfigurasi pada  stock speeds 2,25 GHz dan 256 GB dari DDR4-3200 MHz memory. Jadi orang akan mengatakan bahwa ini adalah perbandingan benchmark yang cukup adil tetapi peningkatan kinerja 20-30% dari AMD EPYC Rome 64 Core CPU terutama diperoleh dengan membandingkan AVX512 dengan non AVX512 numbers. Ketiga workloads yang dilaporkan di sini menggunakan instruksi AVX-512 Intel yang memberi mereka gain yang besar. Intel bekerja cukup baik dengan AVX-512 workloads, mengalahkan chip dengan jumlah core dua kali lipat dan pada process node & architecture yang lebih baik.

Baca juga:   AMD Ryzen 7 5700G Cezanne Zen 3 Desktop APU Retail SKU Benchmark Bocor

Namun dalam overall efficiency dan kinerja standar, AMD’s EPYC lineup akan mendominasi Intel di setiap benchmark. Fakta bahwa mereka menunjukkan chip 32 core melawan chip 64 core dan harus mengubah AVX-512 untuk mencocokkannya menunjukkan seberapa jauh Intel telah jatuh dalam persaingan server dan segalanya akan menjadi lebih panas dalam beberapa bulan ketika AMD akan meluncurkan jajaran 3rd Gen EPYC lineup, Milan series yang dijadwalkan untuk Q1 2021.

Intel Ice Lake-SP ‘Next-Gen CPU’ 28 Core Die & Whitley Platform Detailed

Melihat diagram block Ice Lake-SP 28 core CPU, chip tersebut menawarkan interkoneksi baru dalam bentuk enhanced Mesh Fabric yang berjalan melalui semua 28 CPU core. Ice Lake-SP die  memiliki dua 4-channel memory controllers sedangkan Cascade Lake-SP die menawarkan dua  tri-channel memory controllers.

Baca juga:   AMD Big Navi GPU dengan Codename 'Sienna Cichlid' Diduga Akan Menampilkan 5120 Stream Processors

Intel Ice Lake-SP processor juga dilengkapi empat PCIe Gen 4 controllers, masing-masing menawarkan 16 Gen 4 lanes dengan total 64 lanes pada 28 core die. Chip Cascade Lake-SP menawarkan dukungan memori hexa-channel sementara Ice Lake-SP akan menawarkan dukungan memori octa-channel pada platform Whitley saat peluncuran. Platform ini akan dapat mendukung hingga DDR4-3200 MHz memory (16 DIMM per socket dengan 2nd Gen persistent memory support.

Jajaran Intel Ice Lake-SP akan bersaing langsung dengan AMD’s enhanced 7nm based EPYC Milan lineup yang akan menampilkan 7nm Zen 3 core architecture baru yang menawarkan peningkatan besar 19 persen di IPC dibandingkan original Zen core.

About The Author

Related posts

Leave a Reply