October 24, 2021

  • Instagram

CPU Rocket Lake Intel yang Sangat Diantisipasi Akan Datang Pada Maret 2021

Intel telah merencanakan pembaruan besar pada x86 microarchitecture dengan Rocket Lake. Sementara Intel mengkonfirmasi beberapa minggu yang lalu bahwa mereka berencana untuk meluncurkan family pada 1h 2021, saya mendapat konfirmasi bahwa  Rocket series dari CPUs akan datang pada Maret 2021 dan terlebih lagi – mereka akan kompatibel dengan motherboard Z490 (kemungkinan besar melalui bios update).

Fakta bahwa processor Intel Rocket Lake akan mempertahankan backward compatibility dengan motherboard Z490 sangat menarik karena RKL-S akan menjadi architecture yang mendukung PCIe 4.0 sementara CPU saat ini yang berpasangan dengan Z490 tidak melakukannya. Tidak jelas pada titik ini apakah motherboard manufacturers akan meluncurkan dukungan parsial untuk PCIe 4.0 pada motherboard lama (ya, itu mungkin karena sebagian besar high end motherboards sudah mendukung sebagian spesifikasi – CPU tidak) atau apakah motherboard Z490 akan dibatasi pada PCIe 3.0.

Baca juga:   Call of Duty: Modern Warfare dan Warzone Season 6 dikonfirmasi untuk minggu depan

Mengingat Rocket Lake adalah architectural overhaul besar pertama sejak Sandy Bridge, kami mengharapkan hal-hal hebat dari jajaran processor RKL-S – meskipun mereka akan didasarkan pada 14nm process Intel. Kami juga menduga RKL-S bertahan di pasar dalam waktu cukup singkat karena Intel menyelesaikan peningkatan volumenya ke 10nm SuperFin – yang merupakan versi matang dari 10nm process tempat dibangunnya Tiger Lake.

Hal lain yang perlu ditambahkan di sini adalah bahwa kemungkinan alasan Intel mungkin dengan sengaja menunda peralihan ke 10nm adalah karena perusahaan saat ini memasok hampir 80% dari x86 market dan tidak memiliki kapasitas 10nm yang cukup untuk memenuhi pesanan ini – jadi itu adalah kepentingan perusahaan terbaik saat ini untuk mempertahankan bagian dari portofolionya pada 14nm selagi menyelesaikan peningkatan volume ke 10nm SuperFin. Dengan Intel Fab 42 yang akhirnya online juga, 2021 mungkin saja menjadi tahun Intel mulai mengejar ketinggalan dengan TSMC.

Baca juga:   Spesifikasi AMD Ryzen 7 5700G 8 Core Cezanne ‘Zen 3’ APU Bocor di Geekbench

Processor Intel Rocket Lake akan memiliki hingga 8 core dan menampilkan integrated graphics power 50% lebih besar. RKL-S didasarkan pada 14nm process, tetapi tidak seperti generasi sebelumnya, RKL-S akan menampilkan  revamped architecture berdasarkan Sunny Cove (Ice Lake) architecture yang disebut Cypress Cove. Ini pada dasarnya adalah backport dari 10nm (non-SuperFin) hingga 14nm. Dukungan PCIe 4.0 dan Xe 12 generation graphics telah ditambahkan juga.

Rocket Lake S akan menampilkan 20 CPU based PCIe 4.0 lanes (4 lebih banyak dari generasi sebelummnya) menjadikannya mainstream Intel architecture pertama yang mendukung standar PCIe 4.0. Rocket Lake S juga menampilkan Deep Learning Boost dan dukungan VNNI terbaru yang akan memberikan speedup yang signifikan untuk AI-related workflows. Ia juga dilengkapi dengan USB 3.2 Gen 2×2 standard baru untuk kecepatan USB yang sangat cepat dan memiliki Intel’s 12th generation Xe graphics iGPU. Xe Graphics memperkenalkan dukungan untuk high end video decoder seperti 4: 4: 4 HEVC dan VP9 sekaligus memungkinkan display resolutions hingga 3x 4k60. integrated memory controller sekarang secara native mendukung kecepatan hingga DDR4-3200 tanpa overclocking apa pun.

Baca juga:   Gigabyte Intel 300, 400, 500 Series & AMD 300, 400, 500 Series Motherboard Sepenuhnya Kompatibel Dengan Windows 11 TPM Requirements

About The Author

Related posts

Leave a Reply