October 21, 2021

  • Instagram

AMD Akan Mengakhiri Radeon RX 6900 XT, RX 6800 XT, RX 6800 Reference Models, Akan Fokus pada Custom AIB Variants

AMD akan segera menghentikan produksi kartu reference Radeon RX 6900 XT, RX 6800 XT, RX 6800 sesuai laporan Cowcotland (via Videocardz). Laporan tersebut menyatakan bahwa reference RDNA 2 model akan menjadi rilis sekali pakai dan tidak akan diproduksi lebih dari batch unit awal.

Update:  AMD telah memutuskan untuk memperpanjang ifs reference designed Radeon RX 6800 & RX 6900 series graphics cards karena banyaknya permintaan. Scott Herkelman mengonfirmasi ini dalam tweet:

Original Post: AMD akhirnya memiliki reference cooler design yang sangat mereka banggakan dan bahkan reviewer yang dapat menguji cooler tersebut setuju bahwa reference cooling design baru untuk RDNA 2 based Big Navi GPUs adalah salah satu cooler terbaik yang dirancang AMD hingga saat ini. Ini lebih dingin dan lebih senyap daripada flagship cooling solutions sebelumnya yang telah dirancang AMD dan juga tampak hebat.

Baca juga:   Intel 10nm Alder Lake 16 Core & 24 Thread Desktop CPU Diuji, 2,2 GHz Chip Setara Dengan Core i9-10900K Dalam Engineering State

Namun, semua reference models yang dapat dibeli saat ini kemungkinan besar akan menjadi yang terakhir yang pernah Anda lihat di retail. Cowcotland melaporkan bahwa AMD tidak akan menstok kembali MBA (reference) model dan dengan demikian, retailer hanya memiliki jumlah yang sangat kecil untuk ditawarkan kepada pembeli. Sepertinya beberapa orang beruntung yang bisa mendapatkan reference model akan memiliki barang kolektor asli di tangan mereka sementara yang lain ketika  reference stock habis, harus melalui jalur custom.

AMD Radeon RX 6900 dan RX 6800 series reference models diluncurkan pertama kali melalui OEM, AIB, dan bahkan AMD sendiri. Ini cukup standar seperti NVIDIA tetapi NVIDIA juga memiliki  Founders Edition dan standard reference design yang tidak pernah kami lihat di segmen retail graphics card.

Baca juga:   GPU AMD RDNA 2 Memiliki Memory Latency yang Jauh Lebih Baik Dibandingkan NVIDIA Ampere GPU Architecture

Varian Founders Edition adalah milik NVIDIA yang menggunakan desain custom, sedangkan reference design yang sangat berbeda dari Founders Edition diberikan kepada OEM & integrator sistem. Ini setidaknya memungkinkan NVIDIA untuk menyimpan stok yang cukup baik untuk Founders Edition cards sementara AMD harus mengirimkannya ke beberapa mitra dan vendor yang berbeda.

Dengan demikian, Scott Herkelman dari AMD sebelumnya mengonfirmasi bahwa reference model akan diproduksi hingga awal 2021 dan itu sekitar waktu yang sama ketika global supply dikatakan menjadi lebih baik untuk AMD. Jadi jika Anda benar-benar ingin mendapatkan  reference model Radeon RX 6900 XT, RX 6800 XT & RX 6800 graphics card, lebih baik Anda segera melakukannya karena, mengingat permintaan yang sangat besar, tidak ada yang tahu kapan kita akan melihat reference model terakhir habis terjual.

Baca juga:   AMD Memberikan Indikasi Adanya Memori Grafis Lebih Dari 4 GB Sebagai Standar pada Kartu Grafis Radeon RX Next-Gen

AMD’s board partners memiliki varian khusus yang siap untuk RX 6800 series dan karena reference design tidak lagi diproduksi, kami pasti akan melihat RX 6900 XT dalam custom variants yang lebih banyak juga.

About The Author

Related posts

Leave a Reply