October 21, 2021

  • Instagram

Intel Akan Menghentikan Produksi CPU Desktop Coffee Lake Generasi ke-9

Intel telah mengumumkan penghentian 9th Gen Coffee Lake Refresh Desktop CPU lineup termasuk flagship Core i9-9900K. Sebanyak 117 unit CPU yang ditampilkan dalam jajaran Intel Generasi ke-9 akan mencapai status dihentikan tahun ini sementara pengiriman terakhir akan dilakukan hingga Desember 2021.

Diluncurkan sebagai pengganti 8th Gen Coffee Lake lineup, 9th Gen Coffee Lake Refresh CPUs dibawa ke pasar untuk bersaing dengan AMD Zen+ based Ryzen 2000 CPUs tetapi hadir dengan salah satu segmentasi core / thread terburuk dalam sejarah Intel di mana mereka menawarkan CPU Core i5 hanya dengan 6 core dan 6 thread dan CPU Core i7 dengan 8 core dan 8 thread. Hanya model flagship, Core i9-9900K tetap mempertahankan multi-threading support dengan 8 core dan 16 thread.

Baca juga:   NVIDIA GeForce RTX 3060 Ultra 12 GB GDDR6 Graphics Card Bocor, Lebih Cepat dari RTX 3060 Ti

Intel berharap dapat mempertahankan keunggulannya dengan keunggulan frekuensi namun hal itu mengakibatkan hilangnya efisiensi secara keseluruhan karena Intel mengandalkan process dan architecture 14nm yang lebih lama (Mereka masih melakukannya hingga hari ini). Hal ini membuat AMD mendapatkan keunggulan efisiensinya sementara keuntungan multi-threaded spektakuler mereka baru saja mulai terungkap. 9th Gen CPU lineup akan digantikan oleh jajaran yang lebih baik, 10th Gen Comet Lake-S family yang menampilkan multi-threading support di seluruh papan.

10th Gen lineup adalah sesuatu yang sangat berbeda, tetapi karena kami siap untuk peluncuran 14nm family yang baru, 11th Gen Rocket Lake lineup,, Intel harus mengucapkan selamat tinggal pada jajaran CPU yang lebih lama dan menghentikan produksinya untuk membuka ruang untuk produksi 14nm chips yang baru. Daftar penghentian memiliki CPU mulai dari Celeron, Pentium, Core i3, Core i5, Core i7 & Core i9 SKU.

Baca juga:   Intel 10nm Alder Lake-S Desktop Engineering Sample CPU Di Benchmark Dengan DDR5-4800 Memory & 2.2 GHz Clock Speeds

Intel 9th Gen CPU Discontinuation / EOL List:

Masa garansi dan dukungan untuk CPU Anda akan tetap utuh dan Anda masih dapat menemukan 8th Gen CPUs bekas di pasar. Tanggal pemesanan penghentian produk terakhir direncanakan pada 25 Juni 2021 sedangkan pengiriman terakhir akan dilakukan hingga 24 Desember 2021.

About The Author

Related posts

Leave a Reply