April 11, 2021

  • Instagram

NVIDIA Flagship Ampere Gaming GPU, GA102, Mendapat Die-Shot Pertama

GA102 GPU  sejauh ini merupakan Ampere GPU NVIDIA terbesar untuk gaming & consumer segment. Ini digunakan di bagian atas jajaran GeForce RTX 3090 dan GeForce RTX 3080 graphics card dan juga memiliki berbagai produk lain yang direncanakan yang akan kita lihat dalam beberapa bulan mendatang di GeForce & Quadro segments. Sejauh ini, kami telah melihat GPU itu sendiri tetapi kami belum melihat die shot yang tepat dari chip selain dari render yang disediakan oleh NVIDIA.

die shots pertama sekarang ditampilkan oleh Fritzchens Fritz yang terkenal karena mengambil gambar resolusi tinggi dari berbagai CPU dan GPU. Fotografi terbaru Fritz memberi kami pandangan yang lebih baik pada die Zen 3 yang ditampilkan pada Ryzen 5000 CPUs dan kami memiliki gambar beresolusi tinggi pertama dari apa yang ada di balik flagship Ampere-based GeForce RTX 30 series GPUs.

Untuk mendapatkan gambar beresolusi tinggi ini, GeForce RTX 3090 graphics card digunakan. Cooler telah dihapus dan karena GPU modern tidak menampilkan IHS seperti dulu, die cukup terbuka dan dengan peralatan khusus, Fritz bisa mendapatkan gambaran rinci dari full Ampere GA102 GPU die.

Untuk merekap semua yang kita ketahui tentang  NVIDIA GA102 Ampere GPU, chip itu sendiri sejauh ini tidak melihat fully enabled SKU di pasar (belum). Full GA102 GPU terdiri dari 7 kluster graphics processing dengan 12 SM unit di setiap kluster. Itu membuat 84 SM unit dengan total 10752 core dalam 28,3 miliar  transistor package berukuran 628,4mm2. Ada juga 10 MB L1, 6 MB L2 cache, & beberapa ROP, TMU, pengontrol memori, dan NVLINK HighSpeed I/O hub.

Ampere SM dibagi menjadi empat blok pemrosesan, masing-masing dengan 32 FP32 Cores, 16 INT32 Cores, satu Tensor Core, satu warp scheduler, dan satu dispatch unit. Ini dimungkinkan dengan datapath yang diperbarui dengan satu jalur data yang menawarkan 16 FP32 execution units sementara yang lain menawarkan 16 FP32 atau 16 INT32 execution units. Ini menambah 128 FP32 Cores, 64 INT 32 Cores, 4 Tensor, 4 Wrap Schedulers, dan 4 Dispatch Unit pada satu Ampere SM. Setiap blok juga menyertakan L0 instruction cache baru dan 64 KB register file dengan total 256 KB register file per SM.

Lebih banyak tentang bagian spesifik dari GPU die dijelaskan oleh rekan Twitter, Locuza, yang selalu berbagi pengetahuan mendalam melalui Twitter feed-nya dan telah memetakan berbagai GPU/CPU die shots di masa lalu. Pekerjaan luar biasa Locuza dapat dilihat di bawah ini di mana ia memetakan Ampere GA102 GPU dengan setiap aspek dan area chip dipetakan secara akurat. Karyanya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Sekali lagi, ini adalah hal yang mengesankan dari Fritz dan Locuza dan kami tidak sabar menunggu mereka melakukan hal yang sama dengan AMD’s Big Navi (Navi 21) GPU yang telah ditampilkan pada Radeon RX 6900 & the RX 6800 series graphics cards.

About The Author

Related posts

Leave a Reply