April 11, 2021

  • Instagram

ASUS Merilis Maximus XII Extreme Gundam, Mobo Z490 Edisi Khusus Gundam

Gundam & Asus berkerjasama untuk koleksi komponen eksklusif PC! Daripada  GPU ke Wifi semua lengkap! - gamersantai.com

ASUS akan meluncurkan motherboard ROG Maximus XII Extreme Gundam  yang berbasis chipset Intel Z490 dan bertemakan Gundam. Gambar tentang motherboard tersebut dibocorkan oleh Videocardz dan motherboard tersebut memiliki tema warna E.F.S.F  (Earth Federation Space Force) sambil menampilkan EK Monoblock untuk CPU, VRM dan PCH.

Mobo Z490 Edisi Khusus Gundam | Pemmzchannel

Sebenarnya motherboard ini merupakan motherboard ROG Maximus XII versi standar yang telah ditambahkan EK Monoblock dan memiliki tema warna E.F.S.F yang dikhususkan untuk penggemar berat Gundam.

Bicara tentang spesifikasinya, Maximus XII Extreme menggunakan VRM yang terdiri dari 16 tingkat daya Infineon (TDA21490) yang dapat menangani hingga 90A, 45A Microfine Alloy Chokes, dan kapasitor Jepang berkualitas tinggi yang mampu bertahan lebih dari 10.000 jam. VRM 16 fase ini didukung oleh konektor 8-pin ganda yang memberikan daya ke unit PWM dan soket LGA 1200 itu sendiri.

Image Source: Videocardz

Spesifikasi lainnya termasuk empat slot DDR4 DIMM yang dapat mendukung kapasitas hingga 128 GB dengan kecepatan hingga 4800 MHz + (kapasitas 32 GB beroperasi pada DDR4-3600 CL16 dengan Optimem III). Motherboard ini menggunakan PCB 8 lapis dan dilengkapi dengan EK Monoblok yang telah disebutkan sebelumnya yang mencakup CPU, VRM, dan PCH untuk pendinginan ekstra pada pengaturan loop khusus. Ada juga penutup heatsink aluminium di dekat slot PCIe yang memberikan pendinginan ke slot M.2. ASUS menggunakan bantalan termal konduktif tinggi untuk memastikan bahwa panas ditransfer ke blok heatsink secara efektif.

Motherboard ini memiliki 2 slot PCIe 3.0 x16, satu slot PCIe 3.0 x4, dan total 4 slot M.2, dua di antaranya didinginkan oleh heatsink penutup aluminium & dua di modul DIMM.2 yang dikirimkan bersama motherboard ini dan memiliki heatsink sendiri. Sedangkan untuk ukurannya, Maximus XII Extreme memiliki ukuran EATX.

ASUS ROG Maximus XII Extreme memiliki harga USD $749,99 (atau sekitar 11-jutaan rupiah, kurs saat ini) sehingga varian terbatas GUNDAM seharusnya dijual sekitar mendekati USD $1000 (atau sekitar 14-jutaan rupiah, kurs saat ini) karena ia juga memiliki Monoblock premium yang terpasang. Ada kemungkinan juga kalau motherboard ini hanya tersedia khusus pasar Jepang.

Sumber:wccftech

About The Author

Related posts

Leave a Reply